Kalahkan PS Tira 2-1, PSM Akhiri Puasa Kemenangan di 5 Laga

Editor : Aris Munandar

Online24, Bantul – PSM berhasil mengakhiri tren minor tak pernah menang di 5 laga terakhir. Hal itu setelah tim Juku Eja mengalahkan PS Tira 2-1 dalam lanjutan Liga 1 2018 pekan 22 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (19/9/2018).

Tim Juku Eja tampil buruk pada babak pertama. Sebaliknya, tuan rumah mampu melancarkan sejumlah serangan berbahaya. Beruntungnya, Rivky Mokodompit tampil gemilang dengan sejumlah penyemalatan di bawah mistar PSM.

Sedikitnya, ada empat penyelamatan gemilang yang dilakukan Rivky sebelum anak asuh Nil Maizar mendapat penalti di penghujung babak pertama.

Ahmad Nufiandani yang melakukan tusukan ke kotak penalti dijatuhkan Reva Adi Utama dari belakang. Alhasil, wasit utama Handri Kristanto langsung menunjuk titik putih.

Peluang ini pun tak disia-siakan PS Tira. Alexander Rakic yang maju sebagai algojo sukses memperdaya Rivky dengan mengarahkan bola ke pojok kanan. Skor 1-0 untuk PS Tira menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, PSM langsung tancap gas dengan mencecar pertahanan PS Tira. Namun demikian, gol penyama baru lahir pada menit 71 berkat gol Wiljam Pluim.

Berawal dari umpan lambung, Alessandro Ferreira Leonardo yang baru masuk memberikan umpan pendek di kotak penalti. Tanpa kontrol, bola langsung disambar Pluim dengan kaki kirinya dan bersarang ke gawang Teguh Amiruddin.

Sementara gol kedua PSM lahir pada menit 84 melalui sundulan Ferdinand Sinaga. Ia muncul dari belakang untuk menyundul umpan silang M Arfan. PSM kini berbalik unggul 2-1.

PS Tira berupaya menyamakan kedudukan. Salah satunya melalui sundulan Jeon Wooyung menerima umpan Abduh Lestaluhu. Sayang masih melebar. Skor 2-1 pun bertahan hingga laga usai.

Tambahan tiga poin ini mengatarkan PSM naik ke posisi kelima dengan 35 poin. Kemenangan ini juga membuat tim besutan Robert Alberts mengakhiri rentetan hasil imbang pada 4 laga beruntun di putaran kedua. Sebelum itu, mereka kalah 1-3 dari PSMS Medan.

Sementara bagi PS Tira, kekalahan tersebut membuat mereka gagal menjauh dari zona degradasi. Tim yang dulu bernama PS TNI ini duduk di posisi ke 16 dengan 24 poin.

Hasil ini juga membuat rentetan dua kemenangan beruntun PS Tira selama ditangani Nil Maizar harus terhenti. Sebelumnya, mereka menang 2-0 atas Persebaya di Surabaya dan 1-0 atas Persipura di Bantul.

Susunan Pemain PS Tira vs PSM:

PSM Makassar (4-3-3): Rivky Mokodompit (GK); Hasyim Kipuw, Steven Paulle, Abdul Rahman, Reva Adi Utama; M Arfan, Rizky Pellu, Wiljan Pluim; Heri Susanto, Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga

Cadangan: Hendra Wijaya, Ardan Aras, Zulkifli Syukur, Saldo, Alessandro Ferreira Leonardo, Guy Junior

PS Tira (4-3-3): Angga Saputro (GK); Abu Bakr, Didik Wahyu, Abduh Lestaluhu, M Kasim; Ahmad Nufiandani, Dzmitry Rekish, Izmy Hatuwe, Jeon Wooyoung, Manahati Lestusen, Alexander Rakic

Cadangan: Teguh Amiruddin, Derry Herlangga, Ganjar Mukti, Rony Sugeng, Ryan, Wawan Febrianto, Dimas Drajad