JPU Ajukan Kasasi Atas Vonis Bebas Terdakwa Kasus APBD Sulbar

Editor : M N Ubay
Gedung Kejati Sulsel
Gedung Kejati Sulsel

Online24, Makassar – Majelis Hakim pengadilan Tipikor memutus bebas empat terdakwa kasus dugaan korupsi APBD Sulbar. Keempatnya adalah mantan pimpinan DPRD Andi Mappangara, Hamzah Hapati Hasan, Munandar Wijaya dan H Harun.

Majelis hakim menilai pasal 12 huruf i undang undang tindak pidana korupsi yang disangkakan tehadap para terdakwa tidak terbukti.

Atas putusan tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengajukan kasasi.

“Beberapa waktu lalu JPU telah menyatakan kasasi di Pengadilan Tipikor Mamuju,” ujar Kasipenkum Kejati, Salahuddin, Jumat (21/9/2018).

Salahuddin menjelaskan JPU telah mengajukan memori kasasinya, ke Pengadilan Tipikor Mamuju. Untuk selanjutnya diserahkan ke Pengadilan Tipikor Mahkamah Agung.

Kepala seksi bidang Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejaksaan Negeri Mamuju, Cahyadi Sabri. Mengatakan bila saat ini pihaknya masih sementara dalam proses menyusun memori kasasi.

JPU masih punya 14 hari, setelah JPU menyatakan kasasi,” tandasnya.

Cahyadi mengatakan JPU akan melakukan pertimbangan pertimbangan dan analisa, terkait putusan bebas majelis hakim. Putusan majelis hakim tentu menurutnya, mesti dicermati secara seksama.