Ada Layanan Check In Mandiri di Bandara Internasional Sultan Hasanudduin

Editor : M N Ubay

Online24, Makassar – Bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan belum sempat melakukan website atau online check in, kini tidak perlu repot lagi untuk mengantri lama di counter check in bandara.

PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin bekerja sama dengan PT Angkasa Pura Support menyediakan Self Check In dan Self Bagage Drop Machine atau Mesin Check In dan Bagasi Mandiri.

“Mesin ini disediakan dengan tujuan untuk mempercepat proses check in dan mengurai antrian di counter check in maskapai. Jadi penumpang tidak perlu lagi antri lama di counter check in.” ujar Wahyudi selaku General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Self Check In ini bersifat common use atau dapat digunakan oleh semua maskapai yg beroperasi di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Terdapat 12 alat Self Check In dan 1 alat Self Baggage Drop yang terletak di area keberangkatan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Penumpang dapat melakukan Self Check in mulai dari 2 jam sampai maksimal 30 menit sebelum keberangkatan. Jadi kurang atau lebih dari waktu yg ditentukan tersebut, penumpang tidak dapat melakukan proses Check In melalui alat Self Check In.

Berikut beberapa kondisi penumpang yang tidak dapat menggunakan Self Check In.
1. Penumpang Hamil
2. Penumpang yang membawa bayi
3. Penumpang berkebutuhan khusus (difable)
4. Penumpang dibawah umur 16 tahun
5. Penumpang dengan penerbangan transfer internasional
6. Satu Kode Booking untuk banyak penumpang

Adapun langkah – langkah penggunaan Self Check In
1. Pilih maskapai penerbangan yang Anda gunakan
2. Masukkan kode booking yang tertera pada E-Ticket Anda.
3. Detail informasi penerbangan Anda akan muncul pada layar, mohon untuk diperiksa kembali data tersebut.
4. Anda dapat memilih nomor kursi (kecuali Air Asia), cek kembali data Anda pada mesin Self Check In
5. Apabila sudah benar, Cetak boarding pass Anda, Anda dapat langsung menuju ke Area Pemeriksaan (Screenijg Check Point)
6. Jika Anda memiliki bagasi, pastikan tidak ada barang – barang yang berbahaya. Pilih jumlah bagasi Anda pada layar mesin lalu letakkan bagasi pada timbangan yang ada di sebelah Mesin Self Check In
7. Mesin akan mengeluarkan label (Baggage Tag) yang harus dipasang pada barang Anda (yang dibagasikan)
8. Selanjutnya, lapor ke counter check in manual untuk memproses bagasi Anda.

Perhatikan penggunaan Self Baggage Drop sebagai berikut :
1. Setelah mencetak boarding pass dan baggage tag pada Mesin Self Check In, Anda dapat scan boarding pass dan letakkan bagasi pada mesin Self Baggage Drop .
2. Scan Baggage Tag pada Self Baggage Drop dan mesij akan menampilkan informasi bagasi Anda (nomor bagasi dan alokasi bagasi)
3. Apabila berat self Baggage Drop sesuai dengan bobot bagasi pada mesin Self Check In, maka conveyor secara otomatis akan memproses bagasi tersebut.
4. Mesin Self Baggage Drop hanya dapat digunakan oleh penumpang yang menggunakan maskapai Citilink dan Air Asia.

Pihak Manajemen Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sendiri sebelumnya telah melakukan sosialisasi kepada maskapai serta uji coba mesin kepada penumpang. Kini Mesin Self Check In dan Self Baggage Drop siap digunakan. Tanyakan kepada petugas kami di bandara apabila Anda membutuhkan bantuan dalam menggunakan mesin ini.