Ini Tandanya Jika Tubuh Kelelahan

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Terkadang jika Anda terlalu banyak aktivitas, kadang lupa bahwa tubuh butuh istirahat yang cukup. Ibarat sebuah mesin yang bergerak terus hingga panas berlebihan.

Tak heran jika kita sering mengalami keletihan dan terkulai. Untuk itu Anda harus tahu tanda-tanda kelelahan dalam diri Anda.

1.Bibir kering

Bibir kering, pecah-pecah, kulit bersisik, sering sakit kepala, bisa jadi tubuhmu sedang dehidrasi. Dehidrasi menjadi salah satu penyebab dari rasa lelah.

Jika kamu terus-terusan merasa haus atau mengalami bibir dan kulit kering, bisa jadi kamu sedang mengalami level hidrasi yang bisa menyebabkan kelelahan.

Air mempengaruhi banyak sistem dalam tubuh. Untuk itu seringlah banyak minum air hingga urin terlihat jernih.

2. Kepala Terasa Penuh

Otak butuh tidur seperti mobil membutuhkan bensin, karena keduanya tidak bisa berfungsi dengan baik jika dalam keadaan kosong. Tubuh membutuhkan tidur untuk menstabilkan ketidakseimbangan kimia, menyegarkan kembali area otak yang mengontrol mood dan perilaku dan memroses memori dan informasi yang didapatkan seharian.

Jika terganggu, pikiranmu bisa jadi “penuh” keesokan harinya. Saat itu, kamu tidak bisa menyerap informasi atau ilmu dengan baik, karena otak bergantung pada tidur untuk memproses ulang apa yang kamu alami selama seharian.

3.Olahragamu berantakan

Tiba-tiba merasa loyo hingga malas berolahraga seperti biasa? Kelelahan bisa menyebabkan beberapa aspek dalam keseharianmu menjadi berantakan, termasuk olahraga. Ini karena olahraga membutuhkan fokus mental dan juga aktivitas fisik.

Jika otak tidak mampu berfungsi karena tidak istirahat dengan cukup, kemampuan untuk menantang tubuh secara baik akan terbatas. Selain rasa malas untuk pergi ke gym, rasa lelah juga bisa membuatmu tertarik untuk makan makanan yang tidak sehat.

4. Stress Berat

Bukan rahasia lagi jika stres bisa membuatmu terus terjaga di malam hari. Dengan mengabaikannya bisa memicu beberapa masalah seperti insomnia,

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang menangani stres dengan mengalihkan perhatian mereka, berkutat pada masalahnya, atau mencoba benar-benar mengabaikannya memiliki risiko tinggi insomnia kronis. Yang ditandai dengan tiga malam tanpa tidur dalam seminggu pada sebulan atau lebih.

Perilaku ini bisa berubah menjadi siklus stres dan kelelahan yang jahat. Para peneliti menyarankan menggunakan teknik-teknik mindfulness atau beryoga untuk menyingkirkan stres.

5. Sering Makan Junk Food

Makin lelah dirimu, makin sering kamu ngidam makanan berlemak dan berkarbohidrat tinggi. Kelelahan sering dikaitkan dengan hormon kortisol penyebab stres. Untuk menguranginya, otak akan mencari cara untuk menekan pusat saraf serotonin.

“(Serotonin) adalah hormon penenang. Cara termudah untuk mendapatkannya adalah dengan memakan banyak makanan penuh karbohidrat dan lemak. Yang lebih buruk lagi, junk food malah bisa membuatmu makin lelah,” kata Breus.

Disebabkan karena makanan olahan tinggi glikemik seperti minuman ringan, permen atau donat menyebabkan gula darah dan insulin melonjak naik, sehingga membuatmu makin ngidam makanan manis, berlemak, dan berkalori tinggi.

6. Tidur Berantakan

Insomnia kronis memang bisa memicu kelelahan, namun satu malam tidur yang terganggu juga bisa menyebabkan kelelahan di esok hari. Sebuah studi mengungkapkan setelah pola tidur Insomnia kronis memang bisa memicu kelelahan, namun satu malam tidur yang terganggu juga bisa menyebabkan kelelahan di esok hari.