Kalahkan Ronaldo dan Salah, Modric Pemain Terbaik FIFA 2018

Editor : Asri Muhammad

Online24, London – Gelandang Real Madrid dan Timnas Kroasia, Luca Modric, berhasil terpilih sebagai pemain terbaik dunia tahun ini.

Pada acara FIFA Football Award di Royal Festival Hall, London, Selasa (25/9/2018) dinihari WIB, Gianni Infantino selaku Presiden FIFA yang mengumumkan siapa pemenang pemain terbaik dunia.

Setelah bersaing selama sebulan terakhir, Modric akhirnya terpilih mengalahkan dua pesaing utamanya, Cristiano Ronaldo dan Mohammed Salah.

Terpilihnya Modric tak lepas dari prestasinya di klub dan timnas selama setahun terakhir. Usai membawa Madrid menjuarai Liga Champions untuk ketiga kali beruntun, Modric melajukan Kroasia ke final Piala Dunia 2018 sebelum ditaklukkan Prancis.

Bagi Modric, gelar pemain terbaik FIFA ini adalah gelar individu ketiganya dalam dua bulan terakhir setelah Golden Ball di Piala Dunia 2018 dan Pemain Terbaik UEFA 2018. Terpilihnya Modric juga mengakhiri dominasi Ronaldo dan Lionel Messi yang bergantian memenangi gelar tersebut dalam sedekade terakhir.

Orang terakhir yang memenangi gelar ini selain Ronaldo dan Messi adalah Kaka pada 2007. Messi sendiri bahkan tak masuk dalam tiga besar kandidat pemain terbaik FIFA tahun ini.

Dalam voting yang dilakukan oleh kapten dan pelatih tim nasional seluruh dunia serta perwakilan media dari negara-negara tertentu Modric mendapat presentase suara sebesar 29,5%. Sedangkan Ronaldo berada di tempat kedua dengan 19,8% dan Mohamed Salah pada posisi ketiga dengan 11,23%.

Modric memang tampil luar biasa bersama Real Madrid musim lalu. Menjadi juara Liga Champions untuk yang ketiga kalinya secara beruntun, ditambah dengan juara Piala Dunia Antarklub menjadi catatan Modric bersama ‘Si Putih’ pada musim 2017/18 silam.

Catatan statisitk Modric juga baik. Dalam 43 penampilannya di semua kompetisi bersama Los Blancos, Modric berhasil mencetak 2 gol dan 8 assist.

Pencapaian apik Modric ini tak hanya di level klub saja. Bersama Timnas Kroasia, Modric tampil apik. Pemain yang pernah merumput bersama Tottenham Hotspur ini berhasil mengantarkan Timnas Kroasia untuk pertama kalinya melaju ke babak final Piala Dunia 2018. Dalam ajang tersebut, Modric menjadi kapten bagi Timnas Kroasia.

Namun, Modric gagal mengantar Timnas Kroasia juara setelah dikalahkan Timnas Prancis dengan skor 2-4. Meski begitu, kiprah Modric di Piala Dunia 2018 patut diapresiasi. Maka dari itu, penghargaan pemain terbaik Piala Dunia 2018 juga diberikan kepada Modric.

Total, pada Piala Dunia 2018, Modric mengemas dua gol dan satu assist dari tujuh pertandingan. Uniknya, Modric menjadi pemain pertama setelah Ronaldo Nazario di tahun 1998 yang mendapat gelar Pemain Terbaik Dunia dan Pemain Terbaik Piala Dunia.

Modric juga mendapat gelar pemain terbaik versi UEFA pada tahun ini. Selain itu, Modric juga menggusur dominasi Ronaldo dan Messi yang dalam kurun 10 tahun terakhir mendominasi penghargaan pemain terbaik dunia.