Sering Menggigil Padahal Tidak Demam? Mungkin Ini Penyebanya

Editor : Muh. Idris

Online24, Jakarta – Anda pernah mengalami tubuh menggigil padahal tidak sedang demam? Rupanya ada beberapa hal yang bisa memicunya. Dilansir dari Healthline, ini alasan-alasan tubuh kita menjadi menggigil:

1. Cuaca
Tentu saja, jika kamu sedang berada di tempat yang dingin, tubuhmu akan ikut merasa dingin seperti menggigil. Terutama jika bajumu lembab atau basah. Saat tubuh manusia semakin menua, akan semakin sulit mengatur suhu tubuh, apalagi pada orang dewasa yang sehat.

2. Pengaruh Obat
Menggigil tanpa demam bisa jadi akibat mengonsumsi obat-obatan tertentu atau kombinasi obat-obatan. Ini juga bisa terjadi jika seseorang mengonsumsi dosis yang tidak tepat.

3. Aktivitas Berlebihan
Berlari marathon atau bentuk olahraga ekstrem lainnya yang membutuhkan pengerahan fisik intens bisa menyebabkan perubahan pada suhu inti tubuhmu yang kemudia mengakibatkan menggigil. Gejala lainnya yang dapat terjadi adalah merinding, kram otot, pusing, lesu, muntah dan mual.

4. Hipotiroid
Merupakan penyakit yang disebabkan kelenjar tiroid yang kurang aktif, di mana ia tidak memproduksi hormon yang cukup dibutuhkan untuk mengatur metabolisme atau kesehatan tubuh. Sehingga membuatmu sangat sensitif pada dingin, mengakibatkan tubuhmu menggigil.

Hipotiroidisme dapat didiagnosis melalui tes darah. Merupakan kondisi yang dapat ditangani dan membutuhkan pengobatan harian.