Luwu Timur Juara II dan Juara Harapan II di Lomba Inovasi Desa TTG Tingkat Provinsi Sulsel

Editor : M N Ubay

Online24, Makassar – Sarno dan Tompeasa dari Luwu Timur meraih Juara II dan Harapan II pada lomba inovasi Tekhnologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Kamis (27/9/2018).

Acara penyerahan penghargaan tersebut dibingkai dalam acara Penyerahan Piala, Piagam dan Hadiah Perlombaan Desa Dan Kelurahan, Perlombaan BUMDES Berprestasi, Perlombaan Inovasi Desa Teknologi Tepat Guna (TTG) Dan Evaluasi Kelembagaan Posyandu Terintegrasi Terbaik Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018. Yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan.

Untuk Lomba Inovasi Desa Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Luwu Timur meraih Juara II dan Juara Harapan II, dan Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Sarno dan perwakilan dari Tompeasa di saksikan oleh Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bahri Syam yang didampingi Kepala Bidang Pengembangan SDM dan SDA Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Luwu Timur, Umar Hasan Dalle.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Prov. Sulsel, H. Mustari Soba mengatakan, lomba Desa tingkat Provinsi diikuti oleh 17 Kabupaten/Kota di Sulsel yang pesertanya terdiri dari 13 Desa dan 5 Kelurahan, dinilai oleh tim sejak 9 Juli hingga 2 Agustus 2018 lalu.

“Penilaiannya ini dilakukan dengan mengacu kepada data perkembangan dua tahun terakhir serta hasil klarifikasi lapangan yang dilakukan di Desa dan Kelurahan yang menjadi wakil dari masing-masing Kabupaten,” kata Mustari Soba.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengatakan, PMD menjadi ujung tombak dari pertumbuhan perekonomian di Desa. PMD tidak boleh hanya menunggu, tetapi lebih banyak melihat perkembangan yang ada di Desa, termasuk tadi beberapa hasil inovasi yang muncul dari Desa.

Piagam dan penghargaan jangan dijadikan pajangan saja, tetapi dimplementasikan dan dikembangkan agar hasilnya bisa maksimal, yang diharapkan semua Desa/Kelurahan mampu menguasai potensi yang ada di daerahnya,” ucap Nurdin Abdullah.

Sementara itu, Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bahri Syam di sela penerimaan penghargaan mengatakan, Ia menyambut baik atas terlaksananya kegiatan lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi ini. Ia mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan wadah untuk masyarakat Khususnya pelajar untuk tampil, serta memberikan motivasi atau dorongan agar semua pihak mampu melakukan inovasi, khususnya yang memiliki karakter sebagai teknologi tepat guna.

“Inovasi ini jangan berhenti saat acara ini selesai. Perlu ditindaklanjuti dengan kesepakatan dan dukungan baik dari Dinas terkait untuk memfasilitasi kerjasama antar penemu, pemilik, dan dunia usaha dengan penggunanya,” harap Irwan.

Perlu diketahui, keberhasilan Sarno meraih juara II TTG dengan menciptakan Alat Pemanjat Anti Merosot, dan keberhasilan kelompok Tompeasa meraih juara harapan II TTG karena mereka berhasil membangun mesin pencacah dan pencampur bahan kompos.