Abdul Rahman Mengaku Kaget Dipanggil Lagi Timnas Indonesia

Editor : Aris Munandar
Pemain PSM, Abdul Rahman
Pemain PSM, Abdul Rahman

Online24, Makassar – Bek tangguh PSM, Abdul Rahman kembali dipanggil Timnas Indonesia setelah cukup lama menghilang. Ia masuk dalam daftar 22 nama pemain untuk menjalani dua uji coba internasional FIFA Match Day melawan Myanmar pada Rabu (10/10) dan Hongkong, Selasa (16/10).

Pemain berusia 28 tahun ini terakhir kali memperkuat Tim Merah-Putih pada 2012. Pemain asal Kabupaten Sidrap sebenarnya sempat dipanggil seleksi untuk uji coba melawan Vietnam sebagai persiapan jelang Piala AFF 2016. Namun, namanya kemudian tak masuk skuat Garuda yang kala itu dibesut Alfred Riedl.

Meski sudah diumumkan PSSI melalui laman resminya, namun pemain 30 tahun mengaku belum mendapat surat resmi terkait pemanggilan tersebut. Sekertaris klub PSM, Andi Widya Syadzwina membenarkan hal ini. “Kita belum terima surat pemanggilannya,” kata Wina sapaannya.

Kendati demikian, Abdul Rahman mengaku siap jika diijinkan oleh manajemen dan tim kepelatihan Juku Eja. “Insya Allah saya siap,” ujarnya. Terlebih, Liga 1 saat ini sementara dihentikan dan belum diketahui sampai kapan pemberhentiannya.

Bagi mantan pemain Persib Bandung ini kembali dipanggil Timnas Indonesia sudah memberinya kegembiraan tersendiri. Abdul Rahman bahkan mengaku sempat kaget mengingat masih banyak pemain muda yang lebih bagus darinya.

“Pastinya gak nyangka banget bisa dipanggil lagi. Padahal kita tahu sudah banyak pemain-pemain muda yang bermunculan bagus-bagus,” ungkapnya kepada Online24jam, Sabtu (29/9/2018).

Pemanggilan dirinya ke Timnas memang tidak bisa dimungkiri berkat performa gemilangnya di PSM. Abdul Rahman bahkan tak tergantikan pada 23 pertandingan di Liga 1 2018. Ia bahkan sudah mencetak dua gol dan mengantarkan tim besutan Robert Rene ALberts bercokol di posisi kedua klasemen sementara.

Menurut Abdul Rahman, saat ini sebenarnya ia tak lagi memikirkan untuk bergabung Timnas. Jebolan Diklat Ragunan ini hanya selalu berusaha mengeluarkan kemampuan terbaiknya di setiap laga bersama PSM. Namun ternyata kerja kerasnya itu dilirik juga oleh Bima Sakti.

“Sebagai pemain profesional harus selalu mengeluarkan semua kemampuan di setiap pertandingan dan saya tidak memikirkan mau dipanggil atau tidaknya ke Timnas. Yang penting bagaimana saya memberikan yang terbaik di setiap pertandingan untuk diri saya, keluarga, dan tentunya PSM,” kuncinya.

Dafar 22 Pemain Untuk Dua Laga FIFA Match Day

Kiper
1. Andritany Ardhyasa, Persija Jakarta
2. Muhammad Ridho, Borneo FC

Belakang
3. Fachruddin, Madura United
4. Hansamu Yama, Barito Putera
5. Abdul Rahman, PSM Makassar
6. Ricky Fajrin, Bali United
7. I Putu Gede, Bhayangkara FC
8. Alfin Tuasalamony, Arema FC
9. Rezaldi Hehanussa, Persija
10. Alfath Fathier, Madura United

Tengah
11. Evan Dimas, Selangor FA
12. Zulfiandi, Sriwijaya FC
13. Dedi Kusnandar, Persib
14. Rizki Pora, Barito Putera
15. Bayu Pradana, Mitra Kukar
16. Septian David, Mitra Kukar
17. Irfan Jaya, Persebaya
18. Febri Haryadi, Persib
19. Stefano Lilipaly, Bali United
20. Esteban Vizcarra, Sriwijaya FC

Depan
21. Alberto Goncalves, Sriwijaya FC
22. Dedik Setiawan, Arema FC