Makassar di Posisi Puncak, Tuan Rumah di Posisi Sembilan di Porda XVI

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Pinrang- Perburuan medali di ajang Porda XVI Kabupaten Pinrang bisa dikatakan berakhir. Pasalnya, hingga Minggu (30/09/2018) siang, jelang penutupan, hanya Cabor Sepak Bola yang belum menyelesaikan pertandingan yang mempertemukan tim Kabupaten Luwu Utara melawan Toraja Utara di Final.

Untuk juara umum, dipastikan kembali diraih juara bertahan Porda sebelumnya yaitu Kota Makassar dengan raihan medali sebanyak 246 yang terdiri dari 103 medali emas, 76 perak dan 67 perunggu.

Posisi kedua hingga kedelapan ditempati Pangkep, Selayar, Bone, Parepare, Maros, Sinjai dan Kota Palopo. Di posisi ke-9, bertengger tuan rumah Pinrang dengan perolehan medali sebanyak 93 medali yang terdiri dari 14 medali emas, 32 perak dan 47 perunggu.

Sementara Posisi tuan rumah Pinrang, jauh lebih baik dibandingkan posisinya di Porda XV Bantaeng yang hanya menempati posisi ke-15.

Sementara dipoisisi ke-10 hingga 20 yaitu Bantaeng, Barru, Gowa, Tana Toraja, Toraja Utara, Takalar, Bulukumba, Wajo, Soppeng, Luwu dan Sidrap.

Sementara empat posisi terbawah, urutan ke-21 hingga ke-24 diduduki Luwu Utara, Luwu Timur, Enrekang dan Jeneponto.

Untuk medali emas dan perak di Cabor Sepak Bola, apabila dimenangkan Luwu Utara, maka posisinya akan bergerak naik ke urutan 20 menggeser Kabupaten Sidrap. Namun jika hanya meraih perak, tidak akan mempengaruhi lagi posisi Luwu Utara di urutan ke-21. Sementara untuk Toraja Utara, merebut emas atau perak di Cabor Sepak Bola, tidak akan mempengaruhi lagi peringkatnya di klasemen akhir yaitu tetap berada di posisi ke-14.

perolehan medali Porda Pinrang 2018