Nilai Tukar Dolar AS Capai Rp 15.162

Editor : Asri Muhammad
Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS
Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS

Online24, Makassar – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus mengalami penurunan. Hari ini, Jumat (5/10/2018), dikutip dari data perdagangan Reuters, Jumat (4/10), di pasar valuta asing, dolar AS sempat melesat naik dan mencapai posisi tertingginya pagi ini di Rp 15.185.

Saat ini, posisi dolar AS turun dan berada di Rp 15.162. Posisi dolar AS hari ini merupakan yang tertinggi sepanjang tahun 2018.

Dilansir Kumparan, Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan kurs dolar AS di atas Rp 15.000, sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti membaiknya perekonomian AS hingga defisit anggaran di Italia. Faktor eksternal ini sangat dominan menekan nilai tukar rupiah.

Namun, Sri Mulyani tetap mewaspadai faktor internal yakni Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) yang dapat menekan nilai tukar rupiah. NPI merupakan statistik yang mencatat transaksi ekonomi antara penduduk Indonesia dengan bukan penduduk pada suatu periode tertentu.

Dalam neraca pembayaran terdapat komponen transaksi berjalan, transaksi modal dan transaksi finansial. Bank Indonesia (BI) mencatat, NPI pada kuartal II 2018 defisit USD 4,3 miliar. Angka itu melebar dibandingkan kuartal sebelumnya yang mencapai USD 3,9 miliar.

“Domestik harus waspada utamanya neraca pembayaran. Ini momentumnya masih harus dikendalikan dengan baik,” jelas Sri Mulyani.