Wabup Irwan : Mewujudkan Indonesia Berkualitas Dimulai Dari Pembinaan Keluarga

Editor : Muh. Idris

Online24,Luwu Timur – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXV tahun 2018 dan Hari Kontrasepsi sedunia tahun 2018 di Luwu Timur berlangsung sangat meriah. Sejumlah kegiatan di gelar oleh Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Luwu Timur, Jumat (05/10/2018).

Peringatan Harganas yang ke XXV ini merupakan momentum yang tepat untuk melakukan refleksi dan evaluasi atas upaya-upaya kita dalam meningkatkan kualitas keluarga di Kabupaten Luwu Timur, dengan Tema Hari Keluarga : Hari Kita Semua dengan tagline “Cinta Keluarga Terencana”. Kerja kita, Perestasi Bangsa, Cinta Keluarga, Cinta terencana, Cinta Indonesia Menuju Luwu Timur Terkemuka 2021″.

Kegiatan diawali Apel pagi dilanjutkan acara senam poco-poco nusantara serentak yang dilaksanakan di 24 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan, dan dilanjutkan jalan santai yang mengambil start dari lapangan Soekarno-Hatta dan finish di Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Luwu Timur yang dilepas oleh Sekertaris Daerah Luwu Timur, Bahri Suli, MM.

Selain kedua acara itu, di Kantor Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Luwu Timur dilakukan penyerahan Mobil Akseptor KB kepada Dinas P2KB Luwu Timur, penyerahan Motor PLKB sebanyak 30 unit, smartphone sebanyak 15 unit dan GenRe Kit sebanyak 8 set, penyerahan piagam penghargaan dan Hadiah Lomba KKBPK Tingkat Nasional, Tingkat Provinsi dan Tingkat Kabupaten Tahun 2018.

Sementara Kepala Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Luwu Timur, Rafiuddin Tahir mengatakan, peringatan Harganas ini menekankan arti pentingnya keluarga. Apalagi sesungguhnya kualitas kehidupan masyarakat sangat ditentukan oleh kualitas kehidupan keluarga, baik buruknya kehidupan yang ada di masyarakat, sangat ditentukan oleh baik buruknya kehidupan keluarga.

Rapiuddin juga menyampaikan terima kasih atas dukungan segenap mitra Pemerintah sehingga program KB berjalan cukup baik. Bahkan dirinya juga berbangga, pasalnya berbagai penghargaan yang diraih tersebut di antaranya meraih juara pertama tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan nasional kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Ibunda, juara pertama kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) tingkat Provinsi Sulsel, juara kedua kelompok UPPKS tingkat Provinsi Sulsel, juara pertama Pengelola Gudang Alkon Tingkat Provinsi Sulsel, juara pertama Duta Genre Jalur Masyarakat dan meraih juara umum II seluruh lomba-lomba program Keluarga Berencana dan sejumlah penghargaan lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bahri Syam, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan para Kader sehingga program KB di Luwu Timur berjalan dengan baik, bahkan telah menorehkan prestasi.

“Selamat atas pengabdian dan karyanya untuk Luwu Timur,” kata Irwan kepada para Kader usai menerima penghargaan.

Irwan Bahri Syam mengungkapkan bahwa, tujuan KB itu untuk membangun manusia berkualitas sebagaimana lagu KB yang mengandung pesan-pesan sentral yang menjadi harapan untuk mewujudkan Indonesia berkualitas, menurutnya, mewujudkan Indonesia berkualitas harus dimulai dari pembinaan keluarga.

“Anak berkualitas melahirkan remaja berkualitas, remaja berkualitas akan menjadi generasi muda berkualitas dan kedepannya akan menjadi manusia Indonesia berkualitas, semua itu harus dimulai dari keluarga yang berkualitas,” kata tutup Irwan. (hms/ikp/kominfo)