Prediksi Mitra Kukar vs PSM Makassar: Lanjutkan Tren Kemenangan

Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – PSM akan menghadapi Mitra Kukar pada pekan 24 Liga 1 2018 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu (7/10/2018). Tim Juku Eja mesti melanjutkan tren kemenangan pada laga ini.

Anak asuh Robert Rene Alberts sejauh ini menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di putaran kedua. Dua laga terakhir pun diakhiri dengan kemenangan.

“Kami harus lanjutkan di mana terakhir kami sudahi performanya kami dan kami harus lanjutkan kembali. Perlu diketahui bahwa sejauh ini putaran kedua kami belum terkalahkan,” ujar Robert saat sesi jumpa pers, Sabtu (6/10/2018) kemarin.

Meski demikian, pelatih berpaspor Belanda itu enggan memandang enteng lawannya. Menurutnya klub berjuluk Naga Mekes itu cukup tangguh di kandang. Terbukti mereka mampu mengalahkan pemuncak klasemen sementara, Persib.

“Tidak banyak tim yang menyudahi pertandingan dengan sebuah kemenangan melawan Persib, namun Mitra Kukar melakukan hal itu,” pujinya.

Pada pekan ke-24 Liga 1 ini, PSM tak akan diperkuat enam pilarnya. Rizky Pellu, Hilmansyah dan Hasyim Kipuw cedera, Zulham Zamrun sakit. Sementara Abdul Rahman dan Alessandro Ferreira Leonardo dipanggil tim nasional negaranya masing-masing.

Kubu lawan sebetulnya juga tanpa tiga pilar yakni Anindito Wahyu yang tengah cedera, serta Bayu Pradana dan Septian David karena juga dipanggil timnas.

“Tidak ada yang ketidak beruntungan atau beruntung dalam fase ini. Dan pemain yang akan menggantikan pemain yang tidak bisa main ini saya kira mereka akan ambil kesempatan ini menunjukkan sesuatu,” katanya yakin.

Sementara Kapten PSM, Zulkifli Syukur yakin pertandingan nanti akan berlangsung menarik karena kedua tim sama-sama bertekad meraih poin penuh. Namun, ia menegaskan timnya mengincar poin agar tetap menjaga jarak dengan Persib di puncak.

“Kami kesini mau meraih hasil maksimal. Dan saya rasa itu tidak akan mudah. Seluruh pemain akan memberi kemampuan lebih untuk poin besok. Kami datang kesini bukan jalan-jalan. Apapun itu kami kesini untuk meraih poin,” tegasnya.

Di kubu lawan, pelatih Mitra Kukar, Rahmad Darmawan meyakini bahwa persiapan timnya jelang lawan PSM berjalan bagus sesuai rencananya. Sebab jeda sebelum laga sudah cukup lama pasca pembekuan sementara Liga 1.

“Menghadapi pertandingan lawan Makassar sebenarnya tidak banyak perubahan dalam game plan ketika pertandingan ditunda. Hanya kami membuat ritme. Karena memang sudah berhenti sejak lama. Persoalannya bagaimana anak-anak harus mampu menjaga motivasi mereka bermain,” jelasnya.

“Kami sejauh ini dalam latihan tidam ada masalah. Besok saya berharap juga mampu melaksanakan semua hal yang telah kami lakukan dalam latihan ini,” tambahnya.

RD sapaannya tidak ingin pemainnya dalam tekanan saat laga dengan perbedaan hasil yang diraih timnya dan PSM pada beberapa laga terakhir.

“Implementasikan dengan baik. Yang paling penting juga pemain bermain lepas. Bermain tidak terlalu terbebani karena memang PSM dalam dua pertandingan terakhir mampu memenangkan semua pertandingan yang mereka lakukan,” pujinya.

“Tapi bukan berarti juga kami tidak bisa berbuat sesuatu. Lebih penting buat pemain menjaga motivasi. Bermain tanpa beban,” kuncinya.

Absennya beberapa pemain bukan lagi masalah bagi mantan pelatih Sriwijaya FC ini. “Kami punya beberapa pemain dan kami sdh beri simulasi apa yang harus mereka lakukan menghadapi kekuatan individu pemain PSM. Karena memang saya akui banyak pemain berlabel tim nasional di tim PSM. Sehingga butuh kecermatan untuk pemain kami menghadapi mereka,” imbuhnya.

“Dan saya pikir dengan tidak adanya Bayu. Saya tugaskan siapa yang harus handle beberapa pemain. Tanpa mengesampingkan kemampuan pemain lain. Dan memang PSM bermain dalam sebuag tim yang cukup solid. Dan mereka tim yang sudah terbentuk lama. Mereka tidakmengganti pelatih dari tahun lalu. Dan materi pemainnya 95 persen masih pemain sama,” bebernya.

Winger PSM, Septian David menambahkan laga kontra PSM akan dijadikannta pelecut motivasi dari hasil buruk kontra Persebaya sebelumnya. “Persib kami bisa atasi. Semoga kami bisa menjawab besok dengan PSM, ” tegasnya.