PSM Bantai Mitra Kukar 4-1 di Aji Imbut

Editor : Aris Munandar
Penyerang PSM, M Rahmat berduel dengan kiper Mitra Kukar Yoo Jaehoon. foto: MO PSM
Penyerang PSM, M Rahmat berduel dengan kiper Mitra Kukar Yoo Jaehoon. foto: MO PSM

Online24, Tenggarong – PSM melanjutkan tren positif di Liga 1 2018 usai membantai Mitra Kukar 4-1 di kandangnya sendiri. Hasil ini membuat tim Juku Eja memangkas jarak dari Persib di puncak klasemen kini dengan selisih 3 poin.

PSM memulai laga dengan meyakinkan. Laga baru berjalan dua menit, Guy Junior sudah membobol gawang Mitra Kukar yang dijaga Yoo Jaehoon. Berawal dari miskomunikasi barisan pertahanan tuan rumah, bola liar lalu disambar Guy dengan sepakan kerasnya.

Namun tim Naga Mekes mampu menyamakan kedudukan jadi 1-1 usai Fauzan Jamal melakukan gol bunuh diri pada menit 31. Umpan silang Hendra Adi Bayauw salah diantisipasi Fauzan yang menendang bola ke gawangnya sendiri.

Hanya saja, tuan rumah kembali harus tertinggal dua menit kemudian. Reva Adi Utama yang menerima umpan Wiljan Pluim, mencungkil bola yang melewati hadangan Yoo Jaehoon. Mauricio Leal mencoba memblok bola di garis gawang namun juga gagal.

Tak berselang lama, PSM kemudian memperbesar keunggulannya menjadi 3-1. Guy Junior kembali berhasil mencatatkan namanya di papan skor lagi-lagi dari bola liar pada menit 36. Skor tak berubah hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Mitra Kukar tampak kesulitan mencetak gol untuk mengejar ketertinggalan. Sebab, PSM lebih bertahan dan menurunkan tempo serangan. Mereka lalu menyerang melalui serangan balik ketika mendapat bola.

Justru PSM yang kembali berhasil menambah pundi-pundi golnya di penghujung laga. Ferdinand Sinaga yang baru dimasukkan pada menit 83 menggantikan Guy Junior, mampu mencetak gol penutup. Sundulannya memaksimalkan umpan silang Zulkifli Syukur membenamkan Mitra Kukar 4-1 di kandang sendiri.

Tambahan tiga poin ini membuat PSM terus menempel ketat Persib di puncak klasemen. Dengan 41 poin, tim besutan Robert Rene Alberts kini hanya tertinggal 3 poin dari tim Maung Bandung. Hanya saja, Persib belum memainkan pekan ke 24-nya.

Sementara abagi Mitra Kukar, kekalahan keempat di kandang ini membuat mereka gagal menjauh dari zona degradasi. Dengan 29 poin, mereka terpaku di posisi 14, hanya berjarak dua poin dari posisi 16 yang dihuni PSIS Semarang.

Susunan Pemain:

Mitra Kukar: Yoo Jaehoon (GK); Mauricuio Leal, Roni Rosadi, Saepuloh Maulana, Andre Agustian; Dany Guthrie, Dedi Hartono, M Bahtiar; Septian David Maulana, Hendra Adi Bayauw, Fernando Rodriguez

Cadangan: Gerri Mandagi, Dedy Gusmawan, Arif Suyono, Rifan Nahumarury, Aldino Febryanto, Rendy Siregar, Doly Gultom

PSM Makassar: Rivky Moakodompit (GK); Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Ardan Aras, Reva Adi Utama; Fauzan Jamal, Marc Anthony Klok, Wiljan Pluim; M Rahmat, Ferdinand Sinaga, Guy Junior

Cadangan: Imam Arief, Hendra Wijaya, Rasyid Bakri, Wasyiat, Saldy, Heri Susanto