RD Beberkan Penyebab Kekalahan Telak Mitra Kukar Dari PSM

Editor : Aris Munandar
Gelandang serang PSM, Wiljan Pluim mendapat pengawalan ketat para pemain Mitra Kukar pada pertandingan di STadion Aji Imbut, Minggu (7/10/2018) malam. foto: MO PSM.
Gelandang serang PSM, Wiljan Pluim mendapat pengawalan ketat para pemain Mitra Kukar pada pertandingan di STadion Aji Imbut, Minggu (7/10/2018) malam. foto: MO PSM.

Online24, Tenggarong – Pelatih Mitra Kukar, Rahmad Darmawan menyebut PSM layak meraih kemenangan 1-4 atas timnya pada pekan 24 Liga 1 2018 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu (7/10/2018).

Menurut RD sapaannya, kesalahan individu yang dilakukan barisan pertahanannya jadi penyebab utama timnya kalah telak. Padahal kata dia, hal ini sudah coba ia perbaiki karena juga terjadi di pekan sebelumnya.

“Kita banyak sekali melakukan kesalahan individual error terutama ketika memberikan passing kepada pemain lini depan atau tengah ketika kita build up dari belakang,” kata RD usai laga.

“Inilah yang dimaksimalkan pemain lawan dengan sangat baik. Karena PSM Makassar juga bermain efektif dan menekan sepertiga dari lapangan tengah. Selamat bagi PSM mereka layak menang hari ini,” dia menambahkan.

RD melanjutkan, sebenarnya sudah berusaha mengejar ketertinggalan 1-3 dari tim Juku Eja pada babak kedua. Sayang upayanya memasukkan pemain bernaluri menyerang sia-sia karena PSM tampil bagus.

“Di babak kedua, saya mencoba merangsang tim saya agar lebih offensif dengan memainkan gelandang bernaluri menyerang dan menambah striker. Tapi PSM disiplin dalam bertahan dan bermain solid. Kita gagal membalas gol dan gol terakhir tadi di luar perkiraan tapi itu terjadi,” ungkapnya.

RD juga tidak mempermasalahkan gol penutup PSM yang diciptakan Ferdinand Sinaga melalui serangan balik cepat. Para pemain Mitra Kukar saat itu mengira bola fairplay usai Pluim dijatuhkan.

“Saya tidak bisa salahkan siapapun, karena seharusnya memang kita tidak bisa menunggu apakah fairplay atau tidak. Di pertandingan internasional pun itu bisa terjadi. Menurut saya gol tadi itu sah,” kata mantan pelatih Sriwijaya FC ini.

RD menegaskan, dirinya bertanggung jawab penuh atas kekalahan kekalahan memalukan itu. Kekalahan itu sendiri jadi kekalahan keempat yang diraih Naga Mekes di kandangnya sendiri musim ini.

“Ini tanggung jawab saya dan saya akan memperbaiki tim ini ke depannya,” tandasnya.

Sementara itu, gelandang serang Mitra KUkar, David Maulana menyebut jika permainan timnya sebenarnya tak kalah bagus dari PSM. Hanya saja, rekan-rekannya panik usai tertinggal 1-3 di babak pertama sehingga kesulitan di babak kedua.

“Secara permainan kita tidak kalah. Saat kita membalas gol jadi 1-1 saya berharap kita bisa menang. Tapi lawan mencetak gol-gol dan kita drop, pemain kita panik. Ke depan kita akan perbaiki dan di laga away selanjutnya KIT bisa curi poin,” jelasnya.