Wow! Nilai Tukar Dolar AS Capai Rp 15.230

Editor : Asri Muhammad
Seorang petugas gerai penukaran mata uang asing menghitung pecahan uang dolar Amerika
Seorang petugas gerai penukaran mata uang asing menghitung pecahan uang dolar Amerika

Online24, Makassar – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus melemah. Kali ini, nilai mata uang Paman Sam tersebut berada di kisaran Rp 15.200.

Mengutip data perdagangan Reuters, Selasa (9/10), dolar AS dibuka di Rp 15.215 dan terus naik hingga mencapai posisi tertingginya di Rp 15.230.

Secara year to date (ytd) atau dari awal tahun hingga saat ini, dolar AS sudah menguat terhadap rupiah sebesar 12,25 persen.

Dilansir Kumparan, pengamat Pasar Modal dari Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) Reza Priyambada dalam risetnya menyebutkan, belum adanya sentimen positif membuat laju rupiah masih dalam pelemahannya. Bahkan adanya pertemuan IMF-World Bank dan sejumlah delegasi Bank Sentral dari berbagai negara yang dinilai dapat meningkatkan peluang investasi di Indonesia juga belum dapat mengangkat rupiah.

Sentimen dari global, terutama dari rilis data-data AS yang terkait dengan suku bunga The Fed hingga kondisi di Eropa di mana Italia menjadi perhatian pasar dalam upayanya mengatasi defisit anggarannya serta Tiongkok yang telah menaikkan cadangan rasionya lebih mendapat perhatian pasar.

Semua kondisi sentimen tersebut membuat laju USD kembali meningkat dibandingkan sejumlah mata uang lainnya sehingga membuat rupiah kembali melanjutkan pelemahannya. Tidak hanya itu, adanya keputusan Arab Saudi yang menjanjikan menambah pasokan minyak membuat harga minyak turun dan berimbas pada terapresiasinya USD.

Jangan Lewatkan Berita Terbaru lainnya
Ikuti Online24jam.com di social Media Kamu