Situbondo Diguncang Gempa 6,4 Magnitudo, 4 Warga Tewas

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Gempa bumi dengan kekuatan 6,4 magnitudo mengguncang Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis (11/10) dinihari. Menurut akun Twitter Badan Meteorologi, Klimatlogi dan Geofisika (BMKG), @infoBMKG, pusat gempa berada di 61 kilometer timur laut Kabupaten Situbondo. Sedangkan kedalaman gempa berada di 10 kilometer di bawah permukaan laut.

“Tidak berpotensi tsunami,” kata BMKG melalui Twitter-nya @infoBMKG.

Akibat kejadian ini, menurut Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, 4 orang dilaporkan meninggal dunia dan belasan orang terluka akibat terkena reruntuhan bangunan.

Getaran gempa dirasakan masyarakat di beberapa wilayah di Jawa Timur dan sekitarnya dengan skala MMI III hingga IV. Berdasar website bmkg.go.id, getaran berskala MMI III dirasakan di wilayah Karangkates di Malang, Pandaan di Pasuruan, Gianyar dan Denpasar di Bali, Mataram di NTB, serta Lombok Barat. Berapa tempat di Denpasar bahkan merasakan getaran hingga skala MMI IV.

Skala MMI III menggambarkan getaran gempa dirasakan dalam ruangan, seolah ada kendaraan besar lewat di depan kita. Sementara skala MMI IV, menggambarkan getaran gempa dirasakan di dalam dan luar ruangan hingga menggoyangkan jendela atau pintu dan memecahkan beberapa barang.