Dinas Kesehatan Sulsel Akan Sweeping Jasa Pasang Kawat Gigi Tak Berijin

Editor : M N Ubay
hdr
hdr

Online24, Makassar – Dinas kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan berencana untuk melakukan penyisiran terhadap tempat praktek pemasangan kawat gigi dan gigi palsu tak berijin.

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Bachtiar Baso mengatakan sebelumnya saat audiensi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Sulsel, muncul keluhan terkait jasa pemasangan kawat gigi ilegal. Sebab beberapa pasien yang datang ke mereka (PGDI) merupakan pasien yang mengalami infeksi akibat dari pemasangan tersebut.

“Maka dari itu kami meminta PDGI menyurat resmi kepada kami, kemudian kami akan menyurati ke Dinkes kota Makassar, agar kita dapat melakukan penertiban penertiban Kami akan lakukan penyisiran di tempat di mana saja tempat praktek ini,” ujarnya dihadapan awak media, Kamis(11/10/2018).

“Nanti akan segera kami Sweeping. Jika terbukti ilegal maka kita akan larang beroperasi. Dan tidak menutup kemungkinan juga akan ada sanksi hukum,” imbuhnya.

Menurut Bachtiar, faktor harga adalah salah satu penyebab masyakarat masih melakukan pemasangan kawat gigi dan gigi palsu di tempat praktek tak berijin ketimbang pergi ke dokter gigi.

“Harga nya (pemasangan) memang murah, tapi kalau sakit maka akan lebih mahal, karena rahang bisa menjadi rusak . Harga murah, malah hancur mulutnya,” pungkasnya.