Pelatihan Pembuatan Produk Olahan Ikan Disambut Antusias Warga Bantaeng

Editor : Muh. Idris

Online24,Bantaeng – Wilayah Sulawesi Selatan memiliki beragam sumber daya alam yang dapat memberi manfaat besar bagi masyarakat apabila diolah secara optimal. Begitu pula Kabupaten Bantaeng yang memiliki garis pantai sepanjang 21,5 km sehingga daerah tersebut sangat potensial untuk pengembangan sektor perikanan dan hasil olahannya.

Terdapat dua UKM (Usaha Kecil Menengah) di Kabupaten Bantaeng yang aktif melakukan produksi olahan ikan yaitu UKM Melati dan UKM Sipajului yang masing-masing berlokasi di Kelurahan Letta dan Desa Bontojai. Namun produk olahan yang diproduksi UKM tersebut terbatas pada kerupuk amplang dan bakso ikan.

Melihat potensi pengembangan produk olahan ikan di wilayah Bantaeng, tim pengabdian masyarakat Universitas Negeri Makassar melakukan pelatihan pengolahan ikan kepada masyarakat. Dosen jurusan Biologi UNM Hilda Karim dan Halifah Pagarra yang tergabung dalam tim pengabdian masyarakat tersebut melakukan pelatihan pengolahan ikan untuk menghasilkan produk kecap ikan, abon ikan, nugget ikan, dan otak-otak.

Pelatihan tersebut bertempat di Kelurahan Letta dan berlangsung pada 31 Agustus hingga 2 September yang lalu. Peserta pelatihan merupakan anggota UKM Melati dan UKM Sipajului yang terdiri dari ibu rumah tangga, bapak-bapak, dan remaja putri yang sangat antusias mengikuti pelatihan pembuatan kecap ikan, abon ikan, nugget ikan, dan otak-otak.

Sebab selama ini mereka hanya mengetahui pembuatan kerupuk amplang dan bakso ikan. Pelatihan dilakukan dengan mengajarkan kepada masyarakart cara pengolahan ikan, pengemasan, hingga manajemen pemasaran produk. Setelah diadakannya pelatihan, dihasilkan produk berupa kecap ikan, abon ikan, nugget ikan, dan otak-otak yang siap untuk dipasarkan.

Untuk mengetahui sejauh mana perkembangan peserta dalam membuat produk pelatihan dilakukan monitoring. Kemudian dengan adanya pelatihan ini diharapkan masyarakat dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menghasilkan produk olahan ikan berupa kecap ikan, abon ikan, nugget ikan, dan otak-otak untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Laporan:
Nursyahida Ahmad