Dua Gapura di Mariso dan Satu di Manggala Juara Lomba Gapura Go Green

Editor : M N Ubay

Online24, Makassar – Semangat cinta lingkungan tidak harus dilakukan dengan cara yang muluk-muluk. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, barang bekas yang ada di sekitar dapat diubah menjadi barang yang indah dan bermanfaat.

Selain memiliki nilai seni, kegiatan ini juga berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Hal inilah yang mendasari Teh Gelas, merek teh dalam kemasan nomor 1 di Indonesia, menggelar perlombaan gapura hias dalam kampanye “Teh Gelas Go Green” di beberapa kota di Indonesia, termasuk di Makassar.

Dalam kampanye ini, Teh Gelas mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kembali kemasan bekas dan diubah menjadi dekorasi yang indah untuk gapura yang berada di sekitar lingkungan tempat mereka tinggal. Selain menyebarkan semangat go green, Teh Gelas juga ingin menjaga nilai-nilai gotong royong dan menfasilitasi ekspresi kreatif masyarakat Indonesia.

Hal-hal sederhana dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan. Dengan berbekal kreativitas, kemasan bekas dapat dimanfaatkan kembali menjadi dekorasi yang indah pada dinding gapura.

“Kami mendukung masyarakat untuk memanfaatkan kembali kemasan bekas Teh Gelas untuk diubah menjadi barang baru yang bemanfaat,” kata Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group, pada acara pengumuman pemenang lomba Gapura Hias Teh Gelas Go Green di Hotel Best Western, Makassar, Kamis (12/10/2018).

Salah satu tindakan nyata dari dukungan tersebut yaitu penyelenggaraan lomba menghias gapura kedua yang diadakan di beberapa kota di Indonesia, termasuk di Makassar.

Makassar merupakan kota pertama yang dipilih untuk penyelenggaraan lomba Gapura Hias Teh Gelas Go Green II pada tahun 2018. Hal ini dilakukan karena animo masyarakat Makassar yang sangat besar untuk dapat mengikuti kegiatan lomba Gapura Hias Teh Gelas Go Green pada tahun 2017 yang lalu.

Teh Gelas mendukung diwujudkannya kota Makassar yang bersih, hijau, dan asri. “Semangat inilah yang terus kami sebarkan untuk menjaga kelestarian lingkungan,” kata Harianus.

Lomba ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari masyarakat umum yang ada di Makassar. Para peserta diberi waktu kurang lebih satu bulan untuk menghias gapura di lingkungannya dengan bahan utama kemasan Teh Gelas.

Panitia memilih hiasan gapura terbaik untuk menjadi pemenang dengan total hadiah Rp 50 juta. Pemenang favorit dua diberikan kepada 10 gapura dan mendapat hadiah masing-masing Rp 1 juta, lalu lima pemenang untuk favorit I masing-masing mendapat hadiah uang tunai Rp 2 juta.

Pemenang utama diberikan kepada tiga gapura dengan hiasan paling spektakuler. Pemenang utama ini mendapat hadiah masing-masing Rp 10 juta.

Ketiga pemenang utama adalah gapura di Jalan Baji Dakka 2 Ort 02, Kelurahan Mario, Kecamatan Mariso; gaoura di Jalan Rajawali II, Kelurahan Lette, Kecamatan Mariso; dan gapura di Jalan AMD Antang, Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala.

Selain itu, untuk gapura yang bertahan selama 6 bulan akan diberikan reward tambahan sebesar Rp 500 ribu per gapura.

Kegiatan ini sebelumnya telah diselenggarakan di Bali, Cirebon, Bandung, Jakarta, Pekanbaru, dan Makassar sejak tahun 2017.

Melihat animo serta antusiasme masyarakat yang tinggi, Teh Gelas melanjutkan program positif ini di kota-kota lainnya seperti Medan dan Semarang.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat meningkatkan semangat go green, gotong royong, dan kreativitas masyarakat Indonesia,” kata Harianus.