Mengenal Ada Ide?, Kanal Youtube Edukasi Berbasis Animasi Kaya Konten Lokal Makassar

Editor : Aris Munandar
Sejarah PSM Makassar, Klub Sepakbola Tertua di Indonesia jadi salah satu video ciptaan kanal edukasi Ada Ide?.
Sejarah PSM Makassar, Klub Sepakbola Tertua di Indonesia jadi salah satu video ciptaan kanal edukasi Ada Ide?.

Online24, Makassar – Platform media sosial Youtube merupakan salah satu media sosial yang paling populer di Indonesia. Terbukti, waktu orang Indonesia menggunakan internet untuk mengakses youtube bisa mencapai 8 jam dalam sehari.

Namun, terlepas dari kepopuleran Youtube, kanal yang mengandung tema edukasi di Indonesia ternyata masih minim atau belum berkembang, terlebih yang secara khusus membahas seputar konten lokal.

Padahal di negara-negara lain kanal edukatif sangat digemari karena dapat memberikan wawasan baru dengan cara yang lebih ringan.

Terinspirasi dari kanal Youtube “Kok Bisa?” dan “Kurzgesagt – In a Nutshell” yang memproduksi konten video edukasi berbasis animasi dari sanalah Ada IDe? tercipta.

Dibangun sejak April 2018 lalu, kanal Ada IDe? menghadirkan berbagai video tentang pengetahuan umum seputar Sulawesi Selatan. Beberapa karya yang telah dihasilkan antara lain adalah Alasan kenapa uang mahar di bugis makassar mahal, sejarah penamaan pete-pete, perubahan nama ujungpandang ke Makassar dan beberapa video informatif lainnya.

“Ada IDe? adalah channel Youtube edukasi yang terinspirasi dari Kok Bisa? dan Kurzgesagt – In a Nutshell, namun berbeda dengan Kok Bisa?, Ada IDe? lebih menekankan channel yang mengandung unsur konteks lokal dalam pembahasannya, terlebih untuk pengetahuan seputar Sulawesi Selatan,” ujar Iswar Ramadhan selaku Animator, Sabtu (13/10/2018).

Tampilan Kanal Ada Ide?, kanal Youtube berbasis animasi yang mengangkat konten lokal seputar Makassar maupun Sulawesi Selatan.

Di Makassar sendiri, jika sebagian orang mencari informasi yang mengedukasi di Youtube, sangat sedikit sekali kanal atau konten edukatif yang menampilkan pembahasan mengenai Kota Makassar.

“Zaman sekarang ini, kebanyakan video channel di Youtube hanya membuat konten yang lucu dan menghibur tanpa memikirkan unsur edukasinya, terlebih pada konteks lokal. Oleh karenanya, beberapa keresahan dari tidak adanya channel youtube di Makassar yang mengandung unsur edukasi, Ada IDe? kami buat,” pungkas Copywriter dari Ada IDe?, Ariani Ariska.

Kedua alumnus Ilmu Komunikasi dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar ini, membentuk Ada IDe? karena percaya bahwa dari masyarakatlah semua ide tercipta. Jika masyarakat memiliki banyak ide pertanyaan, mengenai apa saja yang ingin mereka ketahui tentang Makassar dan Sulawesi Selatan, maka Ada IDe? yang akan menjawabnya.

“Kami membentuk Ada IDe? dari nol hingga memiliki banyak konten edukatif karena masukan dari masyarakat tentang ide atau pertanyaan apa saja seputar Makassar yang mereka belum ketahui jawabannya,” tambah Iswar.

Iswar Ramadhan dan Ariani Ariska berjuang bersama. Sang Creator mengeluarkan modal awal dari kantong sendiri dan Si Copywriter membantu mengembangkan hingga dikenal di masyarakat Makassar, merangkak sedikit demi sedikit untuk membangun Ada IDe?

Ariani berharap usaha dan mimpi mereka untuk menyediakan sarana edukasi alternatif bagi masyarakat, semoga bisa terwujud.

“Seperti channel-channel youtube yang terkenal di Makassar, kami juga berharap Ada IDe? mampu bersaing dan memiliki tempat yang dikenal pula oleh masyarakat Makassar. Kami memiliki misi untuk mengedukasi khalayak lewat Youtube dengan konten lokal yang menarik. Semoga saja dengan channel ini wilayah Makassar jadi kota yang benar-benar mengedukasi masyarakatnya,” tutup Ariani.

Hingga saat ini, kanal Youtube Ada Ide? sudah memiliki 1300 subscriber atau pengikut. Salah satu videonya yang paling populer berjudul Sejarah PSM Makassar, Klub Sepakbola Tertua di Indonesia yang sudah ditonton 24 ribu kali.