Motor Ini Dilarang Beredar, Ini Alasannya

Editor : Muh. Idris
Ist
Ist

Online24, Amerika – Lembaga keamanan dan keselamatan jalan raya Amerika Serikat atau dikenal dengan NHTSA meminta produsen sepeda motor Honda tidak menjual CRF250R di jaringan dilernya.

Seruan tersebut dikeluarkan NHTSA terkait adanya masalah pada kopling dan kabel yang berhubungan langsung dengan perangkat kelistrikan pada sepeda motor. sebagaimana dikutip Okezone.

NHTSA sendiri telah mengirimkan hasil temuannya tersebut kepada Honda sekaligus merekomendasikan dealer untuk tidak menjual model tersebut sampai perbaikan dilakukan oleh Honda.

Di New York sendiri terdapat 550 unit Honda CRF250R produksi 2018 yang terkena dampak masalah yang terjadi. Kampanye penarikan telah dilakukan dengan nomor recall Honda JK7, dimana perbaikan akan dimulai pada 5 November 2018.

Adanya kerusakan pada kopling dilaporkan bisa menyebabkan mesin mengunci, selain itu terdapat pula kerusakan pada kabel yang menyebabkan beberapa perangkat tak berfungsi.
Seperti lampu utama, panel instrumen dan beberapa fitur lainnya.

Kerusakan ini dinilai NHTSA sangat membahayakan pengendara karena motor tidak memiliki sistem penerangan utama, selain itu tidak adanya lampu membuat motor menjadi ilegal untuk digunakan karena tidak mematuhi aturan standar keselamatan kendaraan bermotor.