HPS Dilaksanakan Secara “Keroyokan”, Bupati Indah Apresiasi DKP

Editor : M N Ubay

Online24, Masamba – Pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 Tingkat Kabupaten Luwu Utara hari ini, Sabtu (13/10), resmi berakhir. Sejak dibuka oleh Bupati Indah Putri Indriani pada Jumat 12 Oktober 2018, animo peserta HPS dan masyarakat lainnya begitu tinggi. Hal itu terlihat dalam setiap rangkaian kegiatan yang dilakukan, seperti Diskusi Publik, Pameran Potensi Pangan, serta Demonstrasi Produk-produk Olahan, selalu dipadati peserta.

Pelaksanaan HPS tingkat Kabupaten Luwu Utara merupakan hal yang baru pertama kali dilakukan di Provinsi Sulawesi Selatan, kalau tidak bisa dikatakan di Indonesia. Pelaksanaan HPS di Luwu Utara oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) mendapat apresiasi yang tinggi dari orang nomor satu di Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Pasalnya, kegiatan ini dilakukan secara “keroyokan” oleh berbagai stakeholder terkait.

“Banyak hal yang bisa kita lakukan tanpa bergantung anggaran konvensional, dan Dinas Ketahanan Pangan mampu melakukannya. Saya sangat mengapresiasi apa yang kita lakukan hari ini,” ujar Indah Putri Indriani ketika membuka acara HPS, Jumat kemarin.

Indah mengatakan, apa yang dilakukan DKP dengan melibatkan berbagai pihak terkait, semacam mengadopsi model PPP, yaitu Public, Private and Partnership.

“Ini semacam kegiatan kolaborasi dengan melibatkan kerjasama antara berbagai stakeholder, dalam hal ini pemerintah, swasta, dan masyarakat,” kata Indah.

Ia berharap, kegiatan ini mampu meningkatkan kepedulian para pemangku kepentingan terhadap penyediaan pangan.

“Semoga kita dapat mengambil bagian dalam memastikan pangan tersedia, akses pangan lancar, pola konsumsi pangan bagus, dan distribusi pangannya merata,” pungkasnya.