Jangan Lakukan Hal ini Agar AC Mobil tak Cepat Rusak

Editor : M N Ubay

Online24, Makassar – Penyejuk udara atau Air Conditioner (AC) di dalam mobil sangat berguna bagi penumpang, apalagi jika cuaca di luar sedang panas. Merawat AC mobil agar tetap awet sebenarnya tak terlalu sulit, hanya saja terkadang kita tidak sadar bahwa kebiasaan kecil kita dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen AC. Berikut adalah hal yang tidak boleh dilakukan agar AC mobil awet.

1. Jangan buka jendela saat AC mobil bekerja

Hal ini terjadi diakibatkan kinerja kompresor yang akan bekerja ekstra untuk menjaga suhu di dalam kabin tetap ideal.

2. Jangan mematikan AC dengan cara mematikan mesin mobil

Saat sudah sampai ditujuan, sebaiknya matikan AC terlebih dahulu. Karena jika mematikan mesin mobil tanpa mematikan AC terlebih dahulu akan mengakibatkan kerusakan atau berkurang nya usia pada aki mobil anda, karena ketika mesin hidup dengan posisi ac on maka listrik yang di perlukan lebih besar dan membuat aki menjadi drop dalam jangka waktu panjang.

3. Jangan merokok di mobil

Kebiasaan merokok di dalam kendaraan yang sedang menyala AC nya pun berpotensi merusak kinerja AC dalam jangka pendek. Ini dikarenakan filter di dalam kabin akan kotor dan bau sehingga akan membuat fungsi AC mobil tidak berfungsi optimal.

4. Suhu berubah secara tiba-tiba

Perubahan suhu yang tiba-tiba akan berdampak pada kinerja AC. Contohnya bila parkir mobil dalam cuaca panas akan menyebabkan suhu ruangan di dalam mobil pun panas. Perubahan suhu yang secara tiba-tiba tersebut dapat merusak AC.