Babak Pertama: PSM Ungguli Arema 1-0, Hamka Hamzah Diteriaki Penonton Tuan Rumah

Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – PSM berhasil mengungguli Arema FC 1-0 pada babak pertama dalam lanjutan Liga 1 2018 pekan 25 di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (14/10/2018) sore.

Tim Juku Eja langsung tampil menyerang di awal-awal laga. Peluang pertama berhasil mereka ciptakan pada menit 5. Hanya saja tendangan bebas Marc Klok masih menyamping di sisi kanan gawang Arema FC.

Dua menit berselang, tuan rumah berhasil membuka kran golnya lewat M Rahmat. Berawal dari umpan lambung dari Wiljan Pluim usai merebut bola dari lawan, Rahmat yang lolos dari jebakan offside menyontek bola dan tak mampu dijangkau Utam Rusdiana.

Dua menit bersepang, Rahmat kembali meneror gawang tim Singo Edan. Sayang sepakan vollinya melenceng tipis di atas mistar gawang.

Arema tampak tak mampu mengembangkan permainan berkat pressin ketat pemain PSM. Memasuki menit 19, Marc Klok kembali melepas seoakan keras, namun berhasil ditepis Utam Rusdiana.

Arema baru menciptakan ancaman pada menit 24. Sepakan keras yang dilepas Rivaldi Bawuo berhasil dimuntahkan Rivky dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Meski unggul penguasaan bola, Arema terlihat kesulitan menembus pertahanan PSM yang memilih tak menunggu lawan melakukan kesalahan untuk melakukan serangan balik.

Melihat skemanya tak berjalan baik, pelatih Arema FC, Milan Petrovic melakukan perubahan dengan memasukkan A Nur Hardianto. Masuknya striker ini merubah formasi tim dari 3-5-2 menjadi 4-2-3-1 dimana Hardianto diplot jadi striker utama.

Perubahan yang dilakukan pelatih asal Slovenia ini cukup berdampak. Memasuki menit 39, umpan silang Makan Konate nyaris saja berbuah gol. Sayang Nur terlambat menyambar bola di tiang jauh gawang Rivky Mokodompit.

Perubahan formasi ini juga membuat tuan rumah turun jauh ke garis pertahanan. Hanya saja, Arema FC belum mampu mencetak gol penyama. Percobaan Makan Konate di injury time babak pertama hanya melabung tinggi.

Hamka Diteriaki Suporter PSM

Di sisi lain, bek Arema FC, Hamka Hamzah yang notabene adalah punggawa PSM musim lalu mendapat teriakan suporter tuan rumah ketika menguasai bola. Di akhir babak pertama, ia menyambangi tribun utara tempat kelompok suporter Laskar Ayam Jantan (LAJ).

Bek Arema FC saat menemui Panglima LAJ, Daeng Uki dan menyerahkan jerseynya untuk Jayalah PSM, putra Daeng Uki. (Adam/Online24)

Hamka tampak menyerahkan jersey yang dikenakannya kepada Jayalah PSM, putra dari Panglima LAJ, Daeng Uki. Aksinya ini kemudian disambut tepuk tangan suporter PSM. Ia juga terlihat memeluk CEO PT PSM, Munafri Arifuddin ketika berjalan menuju ruang ganti pemain.