Hasil PSM vs Arema FC 2-1, Tim Juku Eja Tempel Persib di Puncak Klasemen Liga 1

Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – PSM mengalahkan Arema FC 2-1 dalam lanjutan Liga 1 2018 pekan 25 di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (14/10/2018) sore. Dua gol PSM diciptakan M Rahmat dan Guy Junior sementara gol balasan Arema dicetak A Nur Hardianto.

Hasil ini membuat tim Juku Eja menyamai poin Persib di puncak dengan 44 poin. Hanya saja, PSM kalah produktivitas gol dari tim Maung Bandung yang akan bertanding di markas Persipura.

PSM langsung tampil menyerang di awal-awal laga. Peluang pertama berhasil mereka ciptakan pada menit 5. Hanya saja tendangan bebas Marc Klok masih menyamping dari sisi kanan gawang Arema FC.

Dua menit berselang, tuan rumah berhasil membuka kran golnya lewat M Rahmat. Berawal dari umpan lambung dari Wiljan Pluim yang merebut bola dari lawan, Rahmat yang lolos darijebakan offside menyontek bola yang tak mampu dijangkau Utam.

Dua menit bersepang, Rahmat kembali meneror gawang tim Singo Edan. Sayang sepakan vollinya melenceng tipis di atas mistar gawang.

Arema tampak tak mampu mengembangkan permainan berkat pressin ketat pemain PSM. Memasuki menit 19, Marc Klok kembali melepas seoakan keras, namun berhasil ditepis Utam Rusdiana.

Arema baru menciptakan ancaman pada menit 24. Sepakan keras yang dilepas Rivaldi Bawuo berhasil dimuntahkan Rivky dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Meski unggul penguasaan bola, Arema terlihat kesulitan menembus pertahanan PSM yang memilih tak menunggu lawan melakukan kesalahan untuk melakukan serangan balik.

Melihat skemanya tak berjalan baik, pelatih Arema FC, Milan Petrovic melakukan perubahan dengan memasukkan A Nur Hardianto. Masuknya striker ini merubah formasi tim dari 3-5-2 menjadi 4-2-3-1 dimana Hardianto diplot jadi striker utama.

Perubahan yang dilakukan pelatih asal Slovenia ini cukup berdampak. Memasuki menit 39, umpan silang Makan Konate nyaris saja berbuah gol. Sayang Nur terlambat menyambar bola di tiang jauh gawang Rivky Mokodompit.

Perubahan formasi ini juga membuat tuan rumah turun jauh ke garis pertahanan. Hanya saja, Arema FC belum mampu mencetak gol penyama. Percobaan Makan Konate di injury time babak pertama hanya melabung tinggi.

Wiljan Pluim nyaris saja menggandakan keunggulan tuan rumah pada menit 60. Solorannya melewati beberapa pemain Arema diakhiri dengan sepakan melengkung. Sayang masih melenceng tipis di sisi kanan.

Semenit kemudian, justru Arema yang menghadirkan kejutan. A Nur Hardianto mencetak gol penyama usai memaksimalkan umpan silang Muhammad Rafli dari sisi kanan.

Tersengat gol tim tamu, PSM langsung menciptakan gol balasan pada menit 64. Sayang gol yang diciptakan M Rahmat itu memaksimalkan kemelut di mulut gawang dianulir wasit karena dinilai belum melewati garis gawang.

Tampak pemain Arema FC melancarkan protes dengan mendatangi hakim garis. Setelah berdiskusi dengan hakim garis cukup lama, wasit utama Kuspriyanto memutuskan untuk menganulir gol PSM dan memberikan drop ball kepada tim Singo Edan.

Kendati golnya dianulir, tak membuat para pemain PSM patah arang. Mereka akhirnya benar-benar membobol gawang Utam Rusdiana untuk kembali unggul 2-1 pada menit 69 lewat kaki Guy Junior.

Guy sukses memanfaatkan kesalahan pemain bertahan Arema FC. Bola yang berhasil direbut dari penguasan lawan di kotak penalti, kemudian diceploskan pemain naturalisasi ini dengan mudah ke gawang Utam.

Arema terus menggempur pertahanan PSM di sisa waktu yang ada. Hanya saja tak ada gol tambahan sehingga skor 2-1 tak berubah hingga laga usai.