Lebih Dulu Mana Antara Ayam dan Telur? Ini Jawabanya

Editor : M N Ubay

Online24, Australia – Perdebatan mana lebih dulu antara ayam dan telur seakan tak ada habisnya. Namun sekarang pertanyaan tersebut akhirnya terjawab sudah.

Dilansir laman Kompas.com dari sebuah laman Australian Academy of Science mengatakan bahwa ayam lebih dulu ada ketimbang telur.

Menurut penelitian, ayam pertama lahir dari mutasi genetik yang berasal dari DNA binatang yang memiliki bentuk menyerupai ayam, yakni the red junglefowl atau ayam hutan merah yang memiliki nama latin Gallus gallus.

Diperkirakan, ayam hutan merah itu dijinakkan oleh masyarakat Asia, termasuk Indonesia, yang kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Lalu bagaimana telur ayam terbentuk? Para peneliti menyimpulkan bahwa telur ayam ada setelah keberadaan ayam itu sendiri.

Proses pembentukan kulit telur ayam sebagian besar terbentuk dari kalsium karbonat (CaCO3). Sumber kalsium itu didapatkan ayam dari sumber makanannya.

Untuk membentuk cangkang, kalsium itu perlu disimpan dalam kristal CaCO3, dan proses ini sangat bergantung pada keberadaan sebuah protein yang disebut ovocleidin-17 yang hanya dapat ditemukan di ovarium ayam. Protein tersebut berfungsi mempercepat pembentukan cangkang telur pada ayam.

Karena itulah para peneliti menyimpulkan bahwa telur ayam tak mungkin terbentuk tanpa adanya protein ovocleidin-17.