Puspawati Husler Hadiri Pengukuhan Bunda PAUD Tingkat Sulsel

Editor : M N Ubay

Online24, Makassar – Didampingi oleh anggota Tim penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur, Ketua PKK Luwu Timur, Hj Puspawati Husler, menghadiri kegiatan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan yang melaksanakan Pengukuhan Bunda PAUD, Gebyar PAUD dan Rapat Koordinasi Bunda PAUD Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (17/10/2018) di Hotel Max One Makassar.

Kegiatan yang bertemakan Anak sehat, terampil, luwes, berakhlak dan santun ini, diikuti Bunda PAUD Kabupeten/Kota se-Sulawesi Selatan dan dibuka oleh Gubenur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah.

Dalam Laporan yang dibawakan H. Irman Yasin Limpo selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan mengatakan bahwa, anak usia 0-5 tahun adalah usia perkembangan emas, saat fisik dan otaknya berada di masa pertumbuhan terbaiknya, dimana kemampuan otak menyerap informasi sangat tinggi. Mengikutsertakan anak di PAUD merupakan kesuksesan masa depan anak.

“Semua elemen masyarakat kami ajak untuk melaksanakan PAUD dimanapun. PAUD sudah dilaksanakan di Balai Desa, Balai RT/RW, pusat-pusat perbelanjaan, hingga rumah ibadah,” ujarnya.

Pengembangan program PAUD kian hari terusĀ  dilakukan dengan melihat kebutuhan dan tuntutan orang tua, keluarga dan masyarakat yang memerlukan perluasan akses dan peningkatan mutu layanan pendidikan yang berkualitas.

Sementara Gubenur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dalam sambutannya mengatakan, dengan dilaksanakannya kegiatan Gebyar PAUD, ini menunjukkan komitmen bersama terhadap kemajuan Pendidikan PAUD di Provinsi Sulawesi Selatan.

Pencanangan gerakan nasional PAUD berkualitas, Provinsi Sulawesi Selatan khususnya dan Kabupaten/Kota sudah harus berbenah diri untuk menjawab apa dan bagaimana PAUD yang berkualitas. Pendidikan anak usia dini sangat penting, kebutuhan masyarakat untuk mengoptimalkan tumbuh kembangkan anak secara holistik lewat layanan pendidikan anak usia dini semakin meningkat.

“Memiliki anak yang cerdas dan berprestasi merupakan harapan bagi semua orang tua, maka pengembangan kreatifitas sangat penting karena kreatifitas berpengaruh dalam aspek pengembangan anak usia dini. Apabila kemampuan kreatifitas tidak dikembangkan sejak dini, maka kecerdasan dan kelancaran dalam berfikir anak akan kurang,” kata Nurdin.

Gebyar PAUD, kata Nurdin, merupakan salah satu ajang kreatifitas bagi anak dan sekaligus memberikan apresiasi dan penganugrahan kepada bunda PAUD. Menurut hasil penelitian 0-5 tahun merupakan usia perkembangan emas saat fisik dan otak anak berada dimasa pertumbuhan terbaiknya. Dimana kemampuan otak menyerap informasi sangat tinggi. Dimasa ini, stimulasiĀ  pendidikan yang positif sangat penting bagi perkembangan anak karena stimulasi yang tidak tepat akan berdampak negatif bagi kehidupan selanjutnya dan tidak dapat di perbaiki.

Bunda PAUD Provinsi Sulawesi Selatan, Liestiaty F. Nurdin, dikukuhkan langsung oleh Gubenur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah Dan diikuti oleh 1000 Anak PAUD se-Sulawesi Selatan.

Setelah melakukan pengukuhan Bunda PAUD, langsung di adakan rapat koordinasi Bunda PAUD.