Ini dia kampung janda yang ada di Indonesia

Editor : AS
Ilustrasi (foto by int.)
Ilustrasi (foto by int.)

Online24, Bogor –  Bagi siapapun, istilah janda pasti sudah memahami. Yakni seorang perempuan yang sudah tidak punya suami, entah karena cerai, meninggal atau ditinggal suaminya. Soal janda, di Indonesia rupanya ada sebuah kampung yang dikenal dengan istilah kampung janda. Tepatnya di Bogor Jawa Barat. 

Oleh karena banyak dihuni oleh janda, maka Cigombong yang letaknya di Kampung Panyarang Desa Cibaduyut Kecamatan Cigombang Bogor Jawa Barat oleh warga di sekitar menyebutnya sebagai kampung janda. Terletak diantara gunung salak, di kampung tersebut terdapat sekitar 20 an lebih perempuan berusia muda telah hidup menjanda. Bahkan terdapat seorang warga nya yang telah dua kali menjanda meskipun usianya masih 17 tahun. Ade Suryadi, Ketua RT setempat mengatakan janda dengan usia 16-20 tahun bukanlah hal baru bagi warga kampung Cigombang. Perkawanan usia muda di mana kondisi prisokologi masih labil disertai kondisi ekonomi menjadi salah satu penyebab pertengkaran keluarga diantara mereka. Sehingga jalan terakhir bagi mereka adalah perceraian. Rentannya pernikahan dini diantara mereka karena juga faktor pendidikan yang umumnya hanya tamatan SD. 

Selain faktor perceraian, salah satu faktor yang menyebabkan perempuan menjanda di kampung tersebut karena ditinggal mati oleh suaminya. Hidup sebagai penambang pasir, menggali, penyaring pasir serta pemecah batu menjadi penyebab perempuan di daerah tersebut hidup menjanda. Hal ini terjadi karena suami suami mereka yang bekerja di lokasi tersebut meninggal dunia karena terkena tanah longsor atau tertimbun. Pasalnya, lokasi tempat mereka menambang adalah kawasan rawan longsor. Itulah sebabnya banyak perempuan yang hidup sebagai janda.