Kantor Arsip dan Perpustakaan Pinrang Terapkan E-Arsip, Ini ke Unggulannya

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Pinrang-Teknologi informasi kini menjadi sistim yang paling efektif dalam menjalankan roda pemerintahan, Karena itu Organisasi  perangkat daerah (OPD) tak mau ketinggalan, salah satu OPD di Pinrang yang bakal meninggalkan sistim manual adalah Kantor Arsip dan Perpustakaan Pinrang yang bakal menuju E-Arsip. Hal itu ditandai dengan diserahkannya perangkat E-Arsip dengan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) oleh Deputi bidang pembinaan kearsipan Arsip Nasional RI Andi Kasman Makkuaseng kepada Bupati Pinrang Aslam Patonangi, diruang pola Kantor Bupati Pinrang, Kamis (18/10/2018).

Dan selanjutnya dilakukan penandatanganan piagam dan pemukulan gong untuk Pencanangan Gerakan Nasional Sadar tertib Arsip serta penandatanganan fakta integritas secara simbolis untuk semua OPD dan disaksikan Kabid Pembinaan Ke arsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Irwan dan Kadis Perpustakaan dan Kerasipan Pinrang H Aswin.

Dalam kesempatan itu Bupati Pinrang Aslam Patonangi mengapresiasi lembaga arsip Nasional yang memberi kepercayaan kepada pemerintah kabupaten Pinrang sebagai pusat pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip.

“Ini menjadi momen penting sebagai kemajuan untuk pengolahan arsip”Ujar Bupati Pinrang Dua periode ini.

E-Arsip lanjutnya sangat membantu dalam pengelolaan arsip, dimana jika dengan cara manual dibutuhkan tempat yang banyak untuk arsip, juga pemeliharaannya tidak efisien dan terus dijaga agar arsip tidak hancur.

“Dengan E-Arsip akan memudahkan penyimpanan secara elektronik disamping arsip akan tersusun secara apik berdasarkan kualifikasi dan jenis arsip  dari tahun ketahun juga Aplikasi ini juga dapat mengentry dari semua OPD terkait arsip”Tuturnya.

Saat ini tambahnya, masih memerlukan arsiparis dan diharapkan nantinya ada peningkatan SDM khusus menangani kearsipan.

Sementara itu Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional Andi Kasman Makkuaseng menyebut fungsi arsip ada dua, yaitu fungsi dinamis yang menjadi alat bukti sah fan dapat dipertanggung jawabkan dan bisa dibuktikan sesuai yang didokumentasikan.

“sedangkan fungsi statis sebagai alat bukti kesejarahan dan arsip menjadi sumber kebenaran”Katanya.

Andi Kasman menilai pengelolaan arsip di Pinrang tergolong maju dan hal itu terbukti setelah Pinrang meraih juara dua nasional kearsipan, bahkan Pinrang kata dia menjadi daerah  satu satunya di Indonesia meraih prestasi kearsipan nasional.

“Diharapkan adanya E-Arsip pengelolaan kearsipan ini akan lebih efisien dan efektik juga dapat menggenjot SDM serta Arsiparis harus ditambah kedepannya”Tandasnya.