Hadirkan Wasit dan Pelatih Tinju Berkualitas, Pertina Sulsel Gandeng Kemenpora Gelar Pelatihan

Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Pelatihan Pelatih Tinju Tingkat Dasar Nasional dan Penataran Wasit/Hakim Daerah di Kenari Tower Hotel, Makassar, Jumat-Minggu (19-21/10/2018).

Ketua Harian Pengprov Pertina Sulsel, Joni Muis mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya peremajaan wasit dan hakim tinju yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Di Sulsel sudah mengalami krisis wasit dan hakim. Ada yang sudah mulai uzur, ada juga yang tidak bisa lagi memimpin pertandingan, dan sebagainya,” ungkap Joni dalam sambutannya, Jumat (20/10/2018).

Joni mengaku kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini awalnya hanya pelatihan kepada pelatih tinju tingkat dasar. Namun, melihat kondisi wasit dan hakim yang terbatas, Pengprov Pertina Sulsel memilih untuk menggabungkannya dengan penataran wasit dan hakim untuk daerah Sulsel.

“Awalnya bantuan yang kami terima untuk pelatihan pelatih. Namun, melihat kondisi yang ada di Sulsel sekarang kami memilih untuk mengutak-atik sedikit agar mempunyai stok wasit dan hakim,” ucapnya.

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Prof. Dr. Mulyana, M.Pd mengharapkan kegiatan ini dapat melahirkan pelatih dan wasit tinju yang berkualitas.

“Kami sangat mengharapkan kegiatan ini dapat memunculkan tenaga olahraga khususnya pelatih dan wasit/juri dalam tinju berkualitas sebagai bentuk pembinaan,” ungkap Mulyana yang juga merupakan dosen ini.

Kegiatan ini mendapat antusias yang besar dari segi peserta. Tidak hanya dari Sulsel saja, bahkan ada peserta yang berasal dari Papua dan beberapa provinsi lainnya.