Yayasan Bakti Peduli Perempuan Kanker-Think Survive Octobreast Cancer Fest

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) tahun 2012, jumlah pengidap penyakit kanker bertambah sekitar 14,1 juta kasus baru per tahunnya, dengan perkiraan jumlahnya akan meningkat menjadi 23,6 juta kasus baru pada tahun 2030.

Di Indonesia dan Makassar pada khususnya, kanker payudara menduduki peringkat pertama terbanyak setelah kanker serviks, dan pada umumnya ditemukan sudah pada stadium lanjut. Padahal peluang pasien kanker payudara bisa mencapai kesembuhan 98% bila terdeteksi dini dan diobati secara medis.
Bulan Oktober secara internasional diperingati sebagai Breast Cancer Awareness Month. Terkait dengan hal tersebut, maka Yayasan Bakti Peduli Perempuan Kanker-Think Survive melakukan serangkaian kegiatan untuk mengkampanyekan kesadaran perempuan terhadap deteksi dini kanker payudara dan mendukung perempuan pejuang kanker.

Octobreast Cancer Fest merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Yayasan Bakti Peduli Perempuan Kanker-Think Survive setiap bulan Oktober untuk memperingati Bulan Kesadaran Kanker Payudara.

Octobreast yang dilaksanakan pada tahun 2018 ini merupakan Octobreast tahun ketiga, setelah sebelumnya pertama kali diadakan pada tahun 2016 dan diikuti tahun 2017. Seperti tahun-tahun sebelumnya rangkaian acara Octrobreast memadukan konsep edukasi dan entertain. Tahun 2018 kali ini Octobreast mengangkat tema Faith, Courage, and Friendship, sama dengan slogan Think Survive itu sendiri.

Tujuan kegiatan ini secara umum adalah untuk menigkatkan kesadaran masyarakat mengenai kanker payudara, kampaye deteksi dini, dan memberikan dukungan bagi pasien kanker payudara.

Rangkaian kegiatan pada Octobreast 2018 ini dapat ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat, baik itu praktisi kesehatan, penyintas kanker, pelajar, keluarga serta seluruh anggota keluarga untuk membangun kesadaran dan membiasakan pola hidup sehat.

Peringatan Octobreast untuk tahun 2018 ini akan diadakan di Food and Entertainment District, 2nd Floor, Trans Studio Mall Makassar, pada Sabtu, 27 Oktober 2018. Kegiatan ini dimulai dengan Yoga, pukul 15.00 WITA, kemudian dilanjutkan dengan Motivational Talkshow pukul 17.00 WITA, yang dibawakan oleh Director Insight Indonesia, yaitu Fauziah Zulfitri, dengan tema Live Happily by Design. Selanjutnya pada pukul 19.00-21.00 WITA diadakan Fashion Show for Charity bersama Gerai Etnik by Arie Rich, Deasy Bachtiar, Faizah Nawawi, Fauziah Lewa, Ida Jashari, dan Itja Achmad.

Adapun aitem acara lainnya yang akan disajikan, yaitu: flashmob, fun games, live music, pemilihan duta relawan 2018, konsultasi kesehatan gratis dan senyum motivasi 500 pasien.