Motivational Talkshow dalam Rangka Octobreast; Fauziah Zulfitri Ingatkan Hidup Harus Seimbang

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – Founder dan Direktur dari Lembaga Insight Indonesia menyebutkan pengabdian dan keinginan menaklukkan dunia kadang tidak seimbang, contohnya seseorang yang terlalu banyak ibadah sampai lupa untuk mencari nafkah untuk keluarganya akhirnya menjadi tidak seimbang. “Atau sibuk dengan urusan dunia sampai lupa dengan urusan akhirat,” papar lulusan Psikologi Universitas Indonesia ini.

Fauziah kemudian melihat, hidup itu harus seimbang, antara mengejar akhir, karena manusia sudah mengetahui akhirnya kemana, “tapi sambil mengejar akhir di perjalanan ini manusia harus menjadi manusia seperti apa?” tambahnya.

Untuk itu, Fauziah menambahkan ada empat hal yang akan ingin dicapai dalam hidup ini, yaitu bahagia, berkah, berdaya, dan bermanfaat. Empat hal ini, tambahnya, yang digunakan untuk merancang hidupnya menjelang usia 40.

Hadir sebagai pembicara dalam acara Motivational Talkshow dengan tema “Live Happily by Design”, Sabtu 27 Oktober 2018 di Peringatan Octobreast untuk tahun 2018. Acara yang diadakan di Food and Entertainment District, 2nd Floor, Trans Studio Mall Makassar dihadiri puluhan penyintas kanker di Makassar.

Beberapa motivasi hidup yang dibagikan pemegang Certified Professional Coach berbasis ICF itu, yaitu pertama, jika kita punya tujuan hidup maka jalan akan mudah dilalui. Kedua, jangan berharap pada manusia ujung-ujungnya bisa kecewa tapi bergantung pada yang memberi hidup kepada kita. Ketiga, apapun yang terjadi selalu usahakan dan selalu pilih untuk berbahagia, karena bahagia itu pilihan, maka hal itu bisa anda ciptakan. Keempat, bersyukur. Kelima, menerima diri kita apa adanya. Keenam, fokus kepada apa yang bisa anda kontrol dan penting. Ketujuh, jangan berharap banyak kepada orang lain.

Menurutnya, hidup yang bahagia mencari yang terbaik dalam ketidaksempurnaan. “Kita ubah mindset bahwa saya dan dia tidak sempurna, saya mencari kebaikan daripada kekurangannya,” jelasnya.

Octobreast Cancer Fest merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Yayasan Bakti Peduli Perempuan Kanker-Think Survive setiap bulan Oktober untuk memperingati Bulan Kesadaran Kanker Payudara. Octobreast yang dilaksanakan pada tahun 2018 ini merupakan Octobreast tahun ketiga, setelah sebelumnya pertama kali diadakan pada tahun 2016 dan diikuti tahun 2017. Seperti tahun-tahun sebelumnya rangkaian acara Octrobreast memadukan konsep edukasi dan entertain.

Di Indonesia dan Makassar pada khususnya, kanker payudara menduduki peringkat pertama terbanyak setelah kanker serviks, dan pada umumnya ditemukan sudah pada stadium lanjut. Padahal peluang pasien kanker payudara bisa mencapai kesembuhan 98% bila terdeteksi dini dan diobati secara medis.