Setelah GERMAKS, Giliran PP-APH Laporkan Kajari Palopo

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar — Setelah Elemen masyarakat yang bergabung dalam Gerakan Masyarakat Anti Korupsi (GERMAKS) melakukan aksi dengan mengutuk ulah kepala Kejakasaan Negeri (Kajari) Palopo Adiyanto yang diduga telah mencoreng institusi Adhyaksa, dengan melakukan praktik praktik yang dinilai melanggar etika kejaksaan, kini giliran Paguyuban Pemantau Aparat Penegak Hukum (PP-APH) mendengungkan hal yang sama.

Ketua PP-APH Zainal mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima oleh tim pengaduan publik di PP-APH Sulsel, Kajari Palopo banyak diadukan masyarakat.

“Olehnya itu, kami meminta kepada pihak kejaksaan tinggi Sulsel dan Kejagung untuk melakukan evaluasi terhadap Kajari Palopo atas tindakan yang dinilai tidak mencermikan seorang APH yang berintegritas,” ujar Zainal, Jumat (2/11/2018).

Dia mengatakan, dengan tindakan melakukan intervensi terhadap sejumlah proyek di Palopo, lanjut Zainal, akan menjadi preseden buruk dalam upaya meningkatkan kinerja kejaksaan di Sulsel khususnya di Palopo.

“Capture berupa percakan Kajari dengan seorang pejabat Pemkot Palopo menjadi bukti betapa pucuk pimpinan Kejaksaan Negeri Palopo memiliki integritas rendah,” ujar Zainal.

Sekadar diketahui, pekan lalu aksi penolakan terhadap Adiyanto Kajari Palopo sudah terjadi di sejumlah titik di Makassar, termasuk di Kejaksaan Tinggi Sulsel. GERMAKS, adalah lembaga anti korupsi bahkan sudah melaporkan hal ini ke Kejagung.