Dapat Hibah dari Australia, Tahun depan Sidrap Bangun Ipal Komunal, Ini Lokasinya

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Sidrap – Pemerintah Kabupaten Sidrap tahun depan rencana nya akan membangun IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah┬áKomunal di Desa Kalosi Alau, Kecamatan Dua Pitue, Sidrap.

Hal itu terungkap dalam audiens yang dilaksanakan oleh Plt Bupati Sidrap H Dollah Mando dengan tim Hibah SAIIG di Ruang Kerja Bupati Sidrap baru-baru ini.

Pembangunan Ipal Komunal ini rencananya akan menghabiskan anggaran sekitar 3,4 milyar dengan kapasitas 150 SR. Dana yang digunakan berasal dari hibah Pemerintah Australia.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, Partanahan dan Lingkungan Hidup Sidrap, Hj Aryani menjelaskan Program sAIIG merupakan hibah dari pemerintah Australia di bidang sanitasi kepada pemerintah Indonesia. Pada sAIIG II diberikan kepada Kabuapten Kota yg berkinerja Baik di bidang sanitasi.

“Dan Alhamdulillah Sidrap dapat Hibah ini. Hibahnya berupa pembangunan IPAL KOMUNAL dan Sambungan Rumah dengan kapasitas 150 Sambungan Rumah,” jelas Hj Aryani. Kamis (08/11/2018).

Terkait program ini tahun ini akan dilakukan perencanaan Detail Engineering Design (DED) dan tahun depan lanjut Konstruksi.

Di Sidrap lanjut Aryani, Desa Kalosi Alau terpilih untuk pelaksanaan program tersebut, karena desa ini memiliki kinerja yang baik dan pemerintah desa memiliki komitmen yang tinggi di bidang sanitasi. “Komitmen pemerintah desa nya bagus sehingga desa ini terpilih untuk pelaksanaan program Ipal Komunal ini,” pungkas mantan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Sidrap ini.

Sementara Plt Bupati Sidrap H Dollah Mando berharap program tersebut bisa terlaksana dengan baik.” Silahkan dikawal pelaksanaan programnya agar program bisa berjalan sesuai harapan, “tandasnya.