Hari Pahlawan, KNPI Barru Versi Yasir Ziarah ke Makam Penyebar Agama Islam di Tanete

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Barru-Pengurus DPD II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Barru Versi Yasir Mahmud dalam mengenang hari pahlawan dengan melakukan ziarah ke makam tokoh penyebar agama islam Petta Pallase Lase’e, di Desa Lalabata, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sabtu (10/11/2018).

Ketua KNPI  Kaharuddin mengatakan, itu dilakukan Untuk mengenang jasa dan perannya dalam menyebarkan Agama Islam di Kerajaan Tanete.

“Kedatangan kami untuk berziarah sebagai bentuk doa agar segala jasa dan amal ibadah beliu mendapat tempat terbaik disisi Allah SWT, “ucapnya

Petta Pallase-lase’e merupakan raja Tanete ke IX yang berkuasa sekitar tahun 1603 hingga 1625, ia menggantikan saudaranya Petta Tomaburu Limmanna yang memerintah di kerajaan Tanete. Ia rajin berkunjung ke Gowa untuk memeberi penghormatan kepada raja Gowa. Di masa pemerintahannya, Petta Pallase-lase’e sukses membuat rakyatnya menjadi makmur, banyak masyarakat berhasil panen raya, dan seluruh binatang ternak masyarakat berkembang biak. karena itu, berdatanganlah para saudagar yang singgah berlabu di Tanete. Saudagar-saudagar itu ada yang berasal dari Bone, Wajo, Belawa, Sidenreng, Buki, Luwu, dan Mandar. “Bahkan ada diantara mereka yang telah membuat perumahan di dalam kota” ujar Ipponk panggilan Kaharuddin

Kaharuddin menambahkan, Melihat banyaknya orang dari berbagai negeri yang berdatangan ke Tanete untuk melakukan perdagangan dan perniagaan, Petta Pallasae-lase’e memanfaatkan peluang ini untuk menambah pendapatan kerajaan Tanete, mulailah dilakukan pemungutan pajak kepada para sudagar-saudagar tersebut.

Lebih lanjut Kaharuddin Melihat banyaknya orang dari berbagai negeri yang berdatangan ke Tanete untuk melakukan perdagangan dan perniagaan, Petta Pallasae-lase’e dalam kepemimpinannya selalu memegang teguh perinsip lempu, getteng. “para pemimpin kita bisa meneladani sifat-sifatnya,”tandas Kahar.

Sementara itu Fadly Wakil Ketua KNPI Barru mengatakan Momentum hari pahlawan untuk mengingatkan kepada seluruh bangsa bahwa perjuangan yang di hadapi para pahlawan dahulu kala sangat berat.”Kita sebagai generasi penerus bangsa harus mampu mengisi kemerdekaan ini dengan segala kekuatan”Ujarnya.

Selain berziarah lanjutnya pengurus juga melakukan anjangsana dengan mengunjungi keluarga ahli waris dari pahlawan tersebut.

“Kedatangan kami ke rumah keluarga ahli waris para pahlawan untuk memberikan  bingkisan ,”tuturnya.(Herdiman)