Gelar Muskerprov, Ini Harapan Ketua Pertina Sulsel

Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Sulawesi Selatan (Pengprov Pertina Sulsel) menggelar Musyawarah Kerja Provinsi (Muskerprov) di Hotel Kenari Tower, Sabtu (10/11/2018).

Musyawarah kerja mengusung tema, ‘Semangat Baru’ yang dihadiri 16 Pengurus Kabupaten dan Kota (Pengkab/Pengkot) Pertina se-Sulsel ini dibuka Ketua Pertina Sulsel Adi Rasyid Ali.

“Saya harap Muskerprov Pertina kali ini dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang strategis guna meningkatkan kinerja pengurus, meningkatkan pembinaan atlet yang dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi menyongsong PON XX di Papua,” tegas Ara sapaan Wakil Ketua DPRD Kota Makassar ini dalam sambutannya.

Sementara itu Ketua KONI Sulsel yang diwakili Mappinawang, mengakui sejak dinakhodai Adi Rasyid Ali cabang olahraga tinju di Sulsel maju pesat.

‘’Bahkan menjadi salah satu cabang olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat Sulsel. Terbukti saat pelaksanaan Porda di Pinrang, venue tinju menjadi salah satu cabor yang banyak ditonton oleh masyarakat,” sebut Mappinawang.

Mappinawang juga berharap Musyawarah Kerja ini bisa melahirkan ide-ide cemerlang dari para pengurus demi kemajuan olahraga tinju di Sulsel.

Muskerprov yang berlangsung dari pagi hingga sore hari itu melahirkan sejumlah agenda. Diantaranya penyelenggaraan kejuaraan daerah di dejumlah kabupaten.

Agenda yang paling dekat yakni pelaksanaan Kejuaraan Tinju Walikota Makassar Cup II yang akan dilaksanakan pada 15-20 Desember 2018.

‘’Kejuaraan kali ini tidak seperti kejuaraan tahun lalu. Kali ini berskala regional. Pesertanya tidak hanya dari kota Makasar dan Sulsel, saja. Kami juga mengundang 9 provinsi di kawasan Indonesia Timur.

Masing-masing seluruh provinsi di Pulau Sulawesi, Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara,” jelas Ketua Pertina kota Makassar, M Tawing yang juga Calon Legislatif (Caleg) PAN nomor urut 9 DPRD Kota Makassar dari Dapil 3 (Kecamatan Tamalanrea dan Biringkanayya) ini.

Selain itu agenda lain sejumlah kabupaten juga sudah mengagendakan kejuaraan yang sama di 2019. Diantaranya Bupati di Toraja Utara,  Takalar, Parepare, dan Luwu Timur.

‘’Bahkan saat ini tengah berlangsung Kejuaraan Bupati Gowa Cup di Lapangan Sekh Yusuf di Sungguminasa, Gowa. Kejuaraan ini berangsung selama tiga hari, 8-10 November. Semenara itu agenda kejuaraan berskala nasional yakni Wapres Cup juga masuk dalam agenda tahun 2019,” timpal Adam Simanjuntak, Sekretaris Pertina Sulsel.

Selain kejuaraan tinju guna mencari atlet-atlet potensian, Pertina Sulsel juga sudah melaksanakan dan mengagendakan pelatihan dan penataran wasit hakim.

‘’Pada periode Oktober dan November saja kami sudah melaksanakan dua kali pelatihan dan penataran wasit hakim dan pelatih tinju bekerja sama dengan Kemenpora dan KONI Sulsel. Pesertanya 100 orang,” ungkap Ketua Harian Pertina Sulsel DR Joni Muis.