Diskominfo Lutim Gelar Ekspose Profil Kabupaten dan Kecamatan Tahun 2018

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Lutim-Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar kegiatan Ekspose Penyusunan Profil Kabupaten dan Kecamatan, Kabupaten Luwu Timur Tahun 2018 serta Seminar Perkembangan Perekonomian Kabupaten Luwu Timur Tahun 2017 di Gedung Wanita Simpurusiang, Kecamatan Malili, Selasa (13/11/2018).

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Luwu Timur, H. Bahri Suli ini dihadiri Para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian Sekretaris Daerah Kabupaten, Camat se-Kabupaten Luwu Timur, Kepala Desa, Kepala Kantor Instansi Vertikal Kabupaten Luwu Timur, serta Management PT. Vale Indonesia, Tbk.

Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Luwu Timur, Amran Aminuddin, S.STP. MAsianGov dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu Timur melalui Memorandum of Understanding (MoU) tentang Kerjasama dalam bidang Penyediaan Data Statistik dan Pendampingan Penyusunan Data.

Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini lanjutnya untuk menyajikan dan menyediakan informasi statistik mengenai keberadaan Kabupaten Luwu Timur dalam rangka meningkatkan pembangunan daerah.

“tersedianya data-data dan capaian pencatatan dari sumber-sumber yang dapat dipertanggungjawabkan, kemudian dipresentasikan dalam bentuk media informasi yang efektif, proporsional, dan akuntabel, serta mendukung rumusan dan kebijakan pembangunan Kabupaten Luwu Timur,” ungkap Amran.

Bupati Luwu Timur dalam sambutannya yang dibacakan  Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur, H. Bahri Suli menyampaikan terima kasih kepada Badan Pusat Statistik (BPS) yang telah berpartisipasi secara aktif dalam memberikan masukan terhadap penyediaan data Statistik Kabupaten Luwu Timur yang tertuang dalam profil Kabupaten dan Kecamatan.

Ketersediaan data yang valid tambahnya merupakan salah satu variable utama yang menentukan keberhasilan pembangunan, baik pada tahap perencanaan, proses maupun evaluasi pembangunan.

“Untuk mendukung pelaksanaan pembangunan yang terintegrasi dan terukur dalam mencapai kinerja Pemerintahan yang baik, maka diperlukan dukungan data dan aplikasi database dengan harapan akan tersedia sistem yang handal dalam pengelolaan data dan menjadi rujukan dalam pelaksanaan pembangunan khususnya di Kabupaten Luwu Timur,” tutup Bahri.

Kegiatan yang digelar selama 2 hari (13-14 November 2018) ini, menghadirkan narasumber dari Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Luwu Timur, Drs. Abdul Halim, M.Si.