Menakar Peluang PSM dan Persija Juara Liga 1 Usai Persib Ditekuk PSIS

Editor : Aris Munandar

Online24, Makassar – Persib menelan kekalahan mengejutkan dari PSIS Semarang pada pekan 31 dengan skor mencolok 0-3. Hasil minor ini membuat tim Maung Bandung turun ke peringkat ketiga, digusur Persija di posisi kedua. Sementara PSM masih nyaman di puncak.

Tim Juku Eja yang bermain imbang 2-2 dengan Persija pekan ini, memimpin klasemen dengan 54 poin. Unggul empat poin dari Persija yang masih menyimpan laga satu tunda dan lima poin dari Persib.

Perebutan gelar juara Liga 1 2018 dipastikan masih akan berlangsung sengit bagi ketiga tim ini. Belum lagi kehadiran Bhayangkara FC. Jika menang atas Persipura pekan ini, maka juara bertahan tersebut akan menyamai raihan Persib dengan 49 poin.

Persib Bandung

PSM Makassar vs Persib Bandung

Bagi Persib kekalahan dari Laskar Mahesa Jenar membuat perjuangan mereka sedikit berat. Di tiga pekan tersisa, tim besutan Mario Gomez ini masih akan menghadapi lawan-lawan berat.

Pekan selanjutnya, Persib akan menjamu Perseru. Tim tamu tentu juga mengincar kemenangan agar tak terdegradasi. Apalagi Persib kini tak segarang dulu sebelum disanksi harus menjalani laga kandang usiran dan tanpa penonton.

Terbukti, mereka menelan tiga kekalahan dari empat laga kandang terakhirnya. Masing-masing kalah 1-2 dari Madura United, dipermalukan Persebaya 1-4, ditekuk 0-1 dari PSMS Medan. Satu sisanya imbang 1-1 kontra Bali United.

Selanjutnya, Hariono dkk akan dijamu tim kuda hitam Persela. Laskar Joko Tingkir sepanjang musim belum pernah tersentuh kekalahan di kandang sendiri. Modal bagus bagi tuan rumah ini membuat Persib diprediksi bakal kesulitan mengamankan angka penuh di Lamongan.

Di penghujung kompetisi, Persib akan menjamu Barito Putera. Tim Pangeran Biru diprediksi bakal meraih kemenangan pada laga ini. Pasalnya Barito punya catatan minor pada beberapa laga tandang terakhirnya.

Persija Jakarta

PSM vs Persija

Tim asal ibukota bakal menjadi pesaing berat PSM menuju gelar juara. Pasalnya, Persija masih menyimpan satu laga tunda kontra Persela yang akan dimainkan pekan ini di Stadion GBK. Jika mampu mengamankan poin penuh, tim Macan Kemayoran tinggal terpaut satu poin dari PSM.

Di tiga pekan tersisanya, Persija menyisakan dua laga kandang melawan Sriwijaya FC dan Mitra Kukar. Serta satu laga away di markas Bali United.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco mengatakan peluang juara masih terbuka bagi Persija usai imbang dengan PSM.

“Kita masih punya beberapa pertandingan ke depan. Semua masih terbuka, ada beberapa tim berpeluang juara. Baik PSM, Persija dan tim lainnya,” kata Teco.

Ia sendiri berharap laga kandang Persija kembali digelar di Stadion GBK. Kehadiran The Jak diharapkan Teco jadi motivasi berlipat bagi timnya meraih kemenangan.

“Mudah-mudahan tidak ada lagi alasan tidak ada stadion di Jakarta. Saya pikir tidak ada alasan lagi soal surat dari polisi tidak ada untuk main di Stadion Gelora Bung Karno.”

“Kasihan The Jak harus keluar jauh untuk mendukung Persija. Situasi ini berbeda dengan yang dialami tim lain, seperti PSM yang dapat dukungan penuh dari suporter. Ini yang jadi pembeda.”

PSM Makassar

Skuad PSM Makassar. (Adam/Online24)

Tambahan satu poin usai imbang kontra Persija membuat PSM memang masih nyaman di puncak. Namun, bukan berarti keunggulan empat poin dari Persija itu membuat jalan merebut tahta yang terakhir kali diraih 18 tahun silam bisa dengan mudah diraih.

Di tiga pekan tersisa, tim besutan Robert Rene Alberts akan menghadapi Bali United (K), Bhayangkara FC (T), dan PSMS Medan (K).

Masih segar diingatan Bali United menjadi penjegal langkah PSM meraih juara musim lalu usai kalah 0-1 di kandang sendiri. Hal yang sama tentu tak diinginkan terjadi musim ini.

Ancaman nyata juga datang dari Bhayangkara FC. Kemenangan akan sedikit membuka asa bagi The Guardian mempertahankan gelar juara. Meski PSM masih superior atas anak asuh Simon McMenemy usai menang dua kali musim lalu.

Di akhir musim, laga tak kalah beratnya akan dijalani PSM saat menjamu PSMS Medan. Tim yang sahamnya dikuasai Ketua PSSI, Edy Rahmayadi itu akan mati-matian merebut angka penuh agar tak terdegradasi. Persaingan tim papan bawah sendiri diprediksi berlangsung hingga penghujung musim melihat selisih poin tim papan bawah dan tengah sangat tipis.

Robert Rene Alberts sendiri berharap Persija kalah dari Persela. Pelatih berkebangsaan Belanda itu berharap laga itu berjalan fair tanpa ada campur tangan oknum tertentu.

“Dan sekarang kita juga bergantung kepada hasil Persija di satu laga tundanya. Mereka bisa menyalip kami jika memenangkan laga itu. Tentu saja bukan itu yang kita inginkan, tapi orang-orang sepakbola di Indonesia menginginkannya,” ucapnya.