Gubernur Sulsel Ingin Sidrap Kembangkan Talas Safira

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Sidrap-Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah mengajak masyarakat Kabupaten Sidenreng Rappang membudidayakan talas Safira. Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja di Bumi Nene Mallomo, Rabu (21/11/2018).

“Semua sudah tahu Sidrap merupakan penyangga pangan nasional, tapi Kita
bisa menghasilkan nilai tambah jika tanaman padi diselingi komoditas talas Safira,”ujar Nurdin di depan para tokoh masyarakat dan kepala OPD Sidrap.

Didampingi Plt Bupati Sidrap, H Dollah Mando bersama unsur Forkopimda, Nurdin mengungkap talas safira memiliki harga dan potensi ekspor yang tinggi. Kebutuhan Jepang, bebernya, mencapai 3 ribu ton pertahun, sekitar 80% disuplai oleh Cina.

“Suplai dari Indonesia belum sampai 2%. Ini merupakan peluang bagi Kita, termasuk di Kabupaten Sidrap ini,”papar Nurdin pada pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Sidrap itu.

Ditambahkannya, selain untuk ekspor talas juga baik untuk dikonsumsi sendiri karena baik untuk kesehatan. “Talas mengandung karbohidrat tinggi serta rendah gula, selain itu juga baik untuk kecantikan karena mengandung kolagen,”jelasnya.