Prediksi Bhayangkara FC VS PSM: Menang Atau Peluang Juara Jadi Sirna

Editor : Aris Munandar
Skuad PSM Makassar. (Adam/Online24)
Skuad PSM Makassar. (Adam/Online24)

Online24, Makassar – PSM wajib menang menghadapi tuan rumah Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (3/12/2018) malam nanti. Jika tidak, peluang juara bisa sirna.

Sehari sebelumnya, Persija berhasil menggusur PSM dari pucuk klasemen. Itu setelah Macan Kemayoran mampu menundukkan Bali United dengan skor 2-1 di Stadion I Wayan Dipta.

Hasil tersebut membuat Persija kini mengoleksi 59 poin. Unggul dua angka dari PSM yang duduk di posisi kedua dengan 57 poin.

Meski begitu, peluang PSM tetap terbuka. Tapi jika sampai kalah atau imbang, peluangnya sangat kecil. Sebab, secara matematis, Persija harus kalah pada laga terakhir dan PSM menang. Sementara Ismed Sofyan akan main di kandang menjamu Mitra Kukar di akhir musim.

Kans juara Juku Eja bahkan lebih besar dari Persija jika berhasil membawa pulang angka penuh dari PTIK. Kesempatan merebut pucuk klasemen, serta mengkudeta Macan Kemayoran pun masih sangat besar.

Itu jika PSM mampu menundukkan perlawanan Bhayangkara FC. Tim yang akan menjadi lawan PSM di pekan 33 Liga 1. Andai menang di laga tersebut, Juku Eja akan kembali menduduki posisi puncak.

Pengamat sepak bola, Syamsuddin Umar menilai, sudah saatnya PSM menjadi juara. Menurutnya, situasi ini sama seperti musim lalu. Olehnya itu, kesempatan ini jangan kembali disia-siakan.

“PSM sedianya sudah juara, tapi sekarang apakah dia mau juara atau tidak? Kalau mau juara, harus menangkan dua pertandingan sisa. Jangan lagi tunggu tahun depan,” ungkap Syam.

Pelatih PSM, Robert Alberts mengaku, melawan Bhayangkara FC, bukanlah persoalan mudah. Adanya misi khusus yang diusung kedua tim, membuat laga nanti malam akan berlangsung sengit. Situasi itu, akan membuat langkah PSM menuju tahta juara tak akan mudah.

“Bhayangkara punya kesempatan untuk menyudahi musim ini di posisi ketiga dan berpeluang tampil di Piala AFC. kedua tim memang punya sesuatu, soal apa yang dipertarunhkan di sini,” ungkap pelatih PSM, Robert Alberts.

Meski begitu, kemenangan merupakan harga mati. Meraih hasil imbang, lebih-lebih kalah akan membuat peluang PSM kian menipis. Gelar juara di depan mata pun, terancam buyar.

“Kita sangat bertekad untuk meraih hasil sukses dari laga away kali ini,” tegas pelatih berkebangsaan Belanda itu pada sesi konferensi pers, kemarin.

Sementara itu, Bhayangkara FC siap menjegal PSM di kandang sendiri. Bermodal rekor bagus di markas, membuat tim besutan Simon McMenemy itu memiliki motivasi berlebih. Bagaimana tidak, dari 15 laga yang dilakoni, The Guardians hanya sekali kalah, sisanya menang dan seri.

“Musim ini kita baik di kandang, hanya sekali kalah di kendang. Dan kita tidak ingin mengulangi hal itu. Jadi laga besok, kita set up dan lakukan persiapan baik, agar kita meraih kemenangan,” jelas Simon.

Pelatih berpaspor Inggris itu menegaskan, siap menghambat PSM menuju juara. Diakuinya, The Guardians juga butuh tiga poin untuk menggeser Persib Bandung di peringkat ketiga.

Meski begitu, Simon mengatakan hal itu tidak mudah. Mengandaskan PSM dan merebut poin penuh, menurutnya merupakan pekerjaan yang berat.

“Posisi ketiga juga masih berpeluang kita ambil, jika memenangkan laga besok. Kita juga juara bertahan, dan kita ingin finis di papan atas. Ini merupakan salah satu tugas berat karena PSM tim yang baik musim ini,” urainya.

Jika mampu mengandaskan Bhayangkara FC, PSM dipastikan tetap mengamankan posisi pucuk klasemen. Sekaligus, laga kontra PSMS Medan di pekan terkahir, merupakan anak tangga terakhir guna mewujudkan gelar juara.

5 Pertandingan Terakhir Bhayangkara FC
26/11/18 L1 Persebaya vs Bhayangkara FC 1 : 0
19.11.18 L1 Bhayangkara FC vs Persipura Jayapura 2 : 0
09.11.18 L1 Madura United vs Bhayangkara FC 1 : 2
03.11.18 L1 Bhayangkara FC vs Persib Bandung 1 : 2
29.10.18 L1 Borneo FC vs Bhayangkara FC 3 : 0

5 Pertandingan Terakhir PSM
25.11.18 L1 PSM Makassar vs Bali United 4 : 0
16.11.18 L1 PSM Makassar vs Persija Jakarta 2 : 2
10.11.18 L1 Persebaya vs PSM Makassar 3 : 0
04.11.18 L1 PSM Makassar vs Persipura Jayapura 4 : 2
29.10.18 L1 Madura United vs PSM Makassar 3 : 0

Head To Head Bhayangkara FC vs PSM
15.07.18 L1 PSM Makassar Bhayangkara Utd 2 : 1
19.10.17 L1 Bhayangkara Utd PSM Makassar 0 : 2
09.07.17 L1 PSM Makassar Bhayangkara Utd 2 : 1
21.11.16 L1 Bhayangkara Utd PSM Makassar 0 : 1
25.07.16 L1 PSM Makassar Bhayangkara Utd 1 : 2

Prediksi Line Up:

Bhayangkara FC (4-4-2)
Awan Setho (GK); A Sanada, Vladimir Vujovic, Nurhidayat, I Putu Gede; Adam Alis, M Hargianto, Lee Yoo-joon, paulo Sergio; Marinus Wamenar, herman Dzumafo

PSM (4-4-2)
Rivky Mokodompit (GK); Hasyim Kipuw, Abdul Rahman, Steven Paulle, Reva Adi Utama; Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim, Zulham Zamrun; M Rahmat, Guy Junior