Jambore SPMI Se Sulsel di Gelar di Lokasi Bersejarah

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24,Barru-Jambore Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) yang digelar di desa pacekke, Kabupaten Barru di Tutup, Senin (03/12/2018).

Dipilihnya desa Pacekke sebagai lokasi Jambore banyak memberi kesan bagi para peserta terutama bagi peserta dari luar Kabupaten Barru, karena lokasi jambore memiliki nilai historis perjuangan bangsa.

Kepala LPMP Sulsel Dr H.Halim Muharram mengatakan salah satu tujuan Jambore SPMI sebagai bentuk peningkatan karakter siswa dan meningkatkan mutu pendidikan di Sulsel, beragam lomba dilaksanakan untuk memeriahkan kegiatan tersebut.

Kegiatan ini lanjutnya terlaksana karena adanya dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemkab Barru, Unsur tripika Kecamatan Soppeng Riaja dan Kades bersama masyarakat Desa Paccekke.

“Kami mengapresiasi atas terselenggaranya agenda Jambore SPMI ini karena dukungan banyak pihak, Harapan kita semoga kegiatan yang punya tujuan kebaikan dalam meningkatkan mutu pendidikan dan karakter siswa terus tumbuh berkembang, ” ujar Halim.

Bupati Barru Suardi Saleh berterima kasih atas ditunjuknya Desa Paccekke sebagai tuan rumah pelaksanaan Jambore. “Semoga terjadi peningkatan kualitas pendidikan karakter di sulsel, khusunya di Kabupaten Barru”Ujarnya.

Apalagi lanjutnya desa Paccekke memiliki nilai sejarah para pejuang dalam mempertahankan NKRI. karena tambahnya Desa ini pernah menjadi tempat Konferensi untuk melakukan perlawanan kepada Belanda.

“Ditempat inilah Jenderal Sudirman memberikan kepercayaan kepada Mayor Andi Mattalatta untuk menyelenggarakan Konferensi Paccekke”Tutur Suardi Saleh.

“Mudah-mudahan kepercayaan Desa Paccekke dapat memberikan pendidikan karakter kepada peserta Jambore dan siswa Indonesia secara umum karena adanya nilai sejarah yang tertanam di Paccekke, ” tandas Suardi.

Acara ini dibuka Direktur Pembinaan Pendidikan Sekolah Dasar Direktorat Dikdasmen Kemendikbud, Dr Khamin didampingi Kepala LPMP Sulsel, Dr Halim Muharram, Bupati Barru Suardi Saleh, para Kepala LPMP se Indonesia Timur, Rektor UNM diwakili Dekan FIS UNM Prof Dr Hasnawi Haris dan ikut dihadiri unsur Forkopimda dan pejabat Pemkab Barru.