Ratusan Mahasiswa STIM Nitro mengikuti Masa Orientasi Dunia Kerja (MODA)

Editor : Muh. Idris

Online24,Makassar – 140 Mahasiswa mengikuti Masa Orientasi Dunia Kerja (MODA) dengan tema ” Menyiapkan Generasi Millenial menjadi Entrepreneur”, pelaksanaan MODA ini dilaksanakan dikampus STIM Nitro Makassar di Jl.Prof.Abdurrahman Basalamah No.101 Makassar.

Pada acara Moda ini diisi oleh dua Narasumber, Pemateri Pertama Andi Rahmat Manggabarani dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel, Pemateri kedua adalah Novi Yanti Pratiwi, S.Psi., M.Psi., Psikologi (Psikolog UNM).

Andi Rahmat banyak memberikan motivasi kepada mahasiswa agar kelak setelah wisuda jangan hanya berharap menjadi Karyawan akan tetapi mahasiswa bisa memilih karier menjadi entrepreneur. Generasi Millenial (sebutan genarasi saat ini) terbuka peluang menjadi entrepreneur karena sekarang semua serba digitalisasi, pelaku usaha bisa mempromosikan usahanya / produknya secara online, walaupun belum memiliki tempat usaha tapi tetap terbuka peluang menjadi entrepreneur melalui media Online.

Sementara itu pemteri kedua Novi, banyak membahas tentang kesiapan mahasiswa saat wawancara, mahasiswa harus mempersiapkan diri, karena mahasiswa akan ditanya tentang pengalamannya selama ini, baik pengalaman selama kuliah, pengalaman Organisasi maupun pengalaman kerja jika mahasiswa sambil kuliah bekerja juga. Mahasiswa juga harus mengenal Dirinya sendiri, karena dengan mengenal diri sendiri akan membuat mahasiswa mengetahui dan memahami pekerjaan yang cocok untuk dirinya.

Selain itu mahasiswa juga harus mempersiapkan Hard Skill dan Soft skill, karena dalam Dunia kerja berbeda dengan Dunia saat masih duduk di bangku kuliah.