Prof Jasruddin:  Ada Masa Depan di Perpustakaan

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Makassar-Jika ingin maju maka sering-seringlah keberkunjung ke perpustakaan karena lewat perpustakaan ini adalah masa depan, Demikian penegasan Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr. Jasruddin, M.Si saat  menutup  Pelatihan Pengelola Perpustakaan dan Jurnal Online, Belum lama ini.

Dijelaskan, perpustakaan menyimpan hasil penelitian dalam bentuk buku, jurnal dan terbitan lainnya.

Koleksi buku dan jurnal serta terbitan lainnya tersebut sangat berguna dan menjadi inovasi menciptakan ide baru dalam peningkatan kualitas kehidupan manusia.

Kemajuan  perpustakaan bukan ditentukan oleh sebesar dan seluas  apa kantornya, tapi bagaimana agar buku-buku atau informasi yang dimiliki perpustakaan bisa terjangkau oleh banyak pengguna.

“Makanya, jika ingin perpustakaan dikunjungi  dan dijangkau sebanyak mungkin pengguna dan pengunjung,  maka  perpustakaan harus menerapkan sistem online” kata doktor ilmu fisika PPs-ITB ini.

Salah seorang peserta pelatihan, Dr. Lukman Daris, S.Pi, M.Si menilai,  penerapan perpustakaan sistem online harus  didukung dan apresiasi.

Karena akan memudahkan pengguna  mendapatkan informasi dengan  cepat, serta tidak nembutuhkan ruang  dan tempat luas serta menghemat tenaga perpustakawan.

Namun penerapan di perguruan tinggi kata dia harus ada penyamaan persepsi. “mengingat pelaksanaan penilaian akreditasi perpustakaan dan institusi perguruan tinggi Seringkali tim asesor dalam melakukan penilaian masih banyak meminta pembuktian secara fisik bukan online” tandas doktor ilmu pertanian PPs-Unhas ini.

Panitia pelatihan Dr. Mustaking, M.Si menambahkan, peserta pelatihan sebanyak 60 pengelola perpustakaan dari kampus yang ada di Sulawesi.

“Peserta yang ikut di antaranya; Universitas Sawerigading Makassar, Unismuh Palu, Universitas Gorontalo, Unasman Polman, STIE Pariwisata Manado, STIE Enam-Enam Kendari” Katanya.