Australia Bakal Perketat Aturan Dua Perusahaan Raksasa Ini

Editor : Muhammad Tohir

Online24,Makassar-Untuk menguji dominasi iklan dan berita online dari dua perusahaan raksasa Facebook dan Google, Australia dalam hal ini Komisi Persaingan dan Konsumen Australlia (ACCC) bakal memperketat aturan dengan membuat regulasi baru, untuk mengawasi kedua perusahaan tersebut.

Selain itu Kebijakan ini di ambil pasca otoritas di dunia konsens terhadap prilaku komersial dan distribusi berita bohong dari dua raksasa teknologi ini.

“Ketika Anda mencapai tingkat tertentu dan Anda mendapat kekuatan pasar, seperti dimiliki Facebook dan Google. Anda memiliki tanggungjawab khusus dan pengawasan tambahan”Kata, Chairman ACCC Rod Sims kepada reporter di Sydney. seperti yang dilansir dari CNN, Selasa (11/12/2018).

Google telah menguasai 94 persen hasil pencarian di Australia. Ia juga menganggap metoda untuk melakukan pemeringkatan iklan membuat perusahaan bisa mementingkan peringkat pengiklan demi kelangsungan bisnis mereka.

Terpisah, Facebook dan Google menyebut akan terus bekerjasama dengan ACCC ketika mereka menyelesaikan laporan akhir Juni mendatang.

Dua perusahaan ini telah berjanji untuk menangkal penyebaran berita palsu yang lebih masif. Mereka juga menjanjikan ACCC akan memberikan akses berita global kepada pengguna disamping menyediakan cara murah kepada pengiklan untuk meraih pengguna yang lebih besar.

Meski demikian ACCC menyebut rekomendasi tersebut kemungkinan masih bisa berubah. Badan ini juga ingin memberikan kewenangan penyidikan kepada regulator pengawas agar bisa memeriksa bagaimana perusahaan teknologi itu melakukan pemeringkatan iklan dan artikel berita.