Husler : KSP Marendeng Contoh Koperasi Sehat dan Sukses

Editor : Muh. Idris

Online24,Luwu Timur – Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Marendeng Cabang Mangkutana Raya menggelar rapat kelompok yang diikuti sekitar 800 peserta rapat. Rapat kelompok ini dibuka Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, didampingi Sekdis Koperasi dan UKM, Kabag Humas dan Protokol, Alimuddin Bachtiar, di lapangan Wonorejo Mangkutana, Sabtu (15/12/2018).

Lukas Tandi Badoang, Wakil Ketua KSP Marendeng Pusat mengatakan, KSP ini sudah 20 tahun berdiri. Dikatakannya, hingga saat ini jumlah anggota sudah mencapai 25.400 yang tersebar di 8 cabang dan berkantor pusat di Toraja Utara.

Lanjut Lukas, KSP ini juga menjadi salah satu KSP yang terbaik di Sulawesi Selatan dan telah membukukan aset mencapai Rp. 360 miliar. “Keberhasilan inilah sehingga KSP Marendeng ini menerima pengakuan dan penghargaan dari Pemerintah. Kalau dulu kita masuk Koperasi Primer Kabupaten, kini sudah naik status jadi Koperasi Primer Provinsi,” tambahnya.

Untuk cabang Mangkutana, KSP Marendeng sudah merekrut anggota mencapai 1.600 anggota dibawah pimpinan cabang Bernadus, dengan total aset mencapai Rp. 16 miliar.

Ia juga mengatakan, Rapat Kelompok atau Rakel ini bertujuan untuk menyampaikan laporan pengurus dan menyerap aspirasi untuk dibawa ke Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSP Marendeng di Toraja pada tanggal 31 Januari 2019 mendatang.

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan rapat kelompok KSP Marendeng ini. Menurut Bupati, KSP Marendeng memang merupakan salah satu koperasi yang sehat dan sukses dari 180 koperasi di Luwu Timur.

Koperasi, sambung Husler, salah satu penggerak ekonomi daerah mulai dari pembuka pintu gerbang usaha kecil dan menengah, menciptakan masyarakat yang mandiri, penggerak perekonomian dan menciptakan pasar baru.

“Pemerintah pusat secara berjenjang hingga ke daerah diharapkan terus memberikan dukungan dan perhatian untuk pengembangan koperasi sebagai penggerak perekonomian,” kuncinya. (hms/ikp/kominfo)