10 Makhluk Paling Ajaib di Folklor Maori

Editor : Fahmi
ilustrasi Taniwha - Google.com
ilustrasi Taniwha - Google.com

Online24, Berbicara mengenai Selandia Baru memang tidak akan ada habisnya bila membahas dan menggali keindahan alamnya. Namun di balik keindahan alamnya tersebut, ternyata Selandia Baru memiliki kisah folklor yang menghiasi budayanya. Kisah folklor tersebut menceritakan berbagai makhluk yang sangat ajaib. Bila Anda penasaran dengan makhluk-makhluk tersebut, artikel ini akan membeberkan makhluk ajaib dari Selandia Baru. Jika Anda masih penasaran, Anda hanya perlu mencari tiket pesawat online untuk menuju Selandia Baru.

Poua-kai

Ini adalah hewan yang menarik, bukan hanya karena statusnya yang legendaris, tetapi juga karena mungkin berasal dari hewan kehidupan nyata yang sekarang sudah punah. Poua-kai adalah burung hitam-putih besar dengan ujung sayap kuning kehijauan dan puncak merah.

 

Taniwha

Ini mungkin yang paling terkenal dari semua makhluk dari legenda Maori. Mereka tinggal, seperti yang dapat Anda bayangkan ketika Anda berpikir apa yang dimiliki Maori di laut. Mereka paling sering menyerupai naga, tetapi kadang-kadang digambarkan sebagai paus atau hiu juga. Mereka kadang-kadang diberitahu untuk bertindak sebagai wali, tetapi kebanyakan dari mereka harus ditakuti karena mereka dikatakan untuk memikat manusia ke sarang mereka dan memakannya. Ada cerita tentang taniwha yang disembelih, dibuka dan masih utuh.

 

Tipua

Tipua adalah roh jahat yang mengubah bentuk yang dapat mengambil bentuk apa pun secara harfiah, entah itu sayuran, mineral atau hewan. Bagaimana Anda akan menemukan mereka? Nah, itu masalahnya bukan? Jika Anda melihat sesuatu yang luar biasa, hal terbaik yang harus dilakukan adalah memberikan persembahan atau menghadapi konsekuensinya.

 

Kahui-tipua

Di sinilah hal-hal menjadi menyenangkan dan fantastis. Kahui-tipua dikatakan sebagai penduduk pertama di Pulau Selatan Selandia Baru. Mereka adalah makhluk mistis yang layak untuk Anda, jenis yang dapat melangkah dari satu puncak gunung ke gunung lainnya dan minum sungai kering ketika mereka haus. Sayangnya, mereka tampaknya tidak lama bertahan ketika manusia datang untuk menjajah negara.

 

Manaia

Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa manaia adalah monster. Manaia sebagian besar ditemukan tidak benar. Sebaliknya, mana adalah utusan yang terbang di antara jenis manusia dan mereka yang telah pindah ke dunia roh. Mereka memiliki tubuh manusia tetapi kepala burung.

 

Porotai

Ini adalah salah satu yang menarik, dan uraiannya singkat karena tidak banyak yang diketahui tentang makhluk-makhluk ini. Apa yang diketahui adalah bahwa mereka dikatakan sebagai makhluk dari daging dan batu, dan bahwa mereka memiliki dua wajah. Mengapa begitu sedikit yang diketahui tentang mereka? Karena mereka tidak terlihat oleh manusia.

 

Pakepakeha

Ini mungkin kata yang akrab bagi mereka yang akrab dengan budaya Selandia Baru. Alasan mengapa penjajah putih Selandia Baru disebut ‘pakeha’ oleh penduduk Maori adalah karena makhluk kecil ini. Mereka dikatakan sebagai peri-peri kecil berkulit pucat yang biasanya terlihat mengambang di sungai dengan potongan-potongan kayu dan nyanyian dan umumnya hanya memiliki waktu gay yang panjang.

 

Pona-turi

Pona-turi adalah seorang peri. Namun, makhluk-makhluk ini hidup di laut. Ada desas-desus bahwa mereka memiliki tanah tersembunyi di bawah laut, dan di sanalah mereka tinggal di siang hari. Mereka takut sinar matahari dan api, yang dibenarkan karena sinar matahari berarti kematian bagi mereka. Pada malam hari, mereka akan merayap keluar dari air dan tidur di pondok-pondok kecil di pantai.

 

Patupaiarehe

Patupaiarehe dianggap paling mirip dengan elf oleh sebagian orang Selandia Baru. Mereka dilaporkan pada dasarnya memiliki bentuk dan ukuran yang sama dengan manusia, tetapi dengan rambut merah, kulit pucat dan mata biru. Karena kulit pucat dan mata mereka pucat, mereka sangat sensitif terhadap sinar matahari dan sebagian besar akan bergerak di malam hari, kecuali itu adalah hari yang sangat berkabut dan mereka dapat menjelajah dalam naungan kabut.

 

Maero

Tokoh-tokoh mistis ini hanyalah manusia hutan, meskipun orang yang sangat berbahaya dan menakutkan. Mereka tidak memiliki kekuatan supranatural. Dikatakan bahwa mereka kanibal, sangat kuat dan memiliki kuku seperti pisau. Banyak Maori yang kuat dikatakan mengklaim leluhur maero.