Tinjau Lokasi Banjir di Barru, Wagub Ajak Warga untuk Bangkit

Editor : Asri Muhammad

Online24, Barru – Mendengar kabar Kabupaten Barru mengalami musibah kebanjiran, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman, langsung meninjau lokasi terdampak banjir, Sabtu (29/12).

Tiba di Barru, Wagub disambut hangat Bupati Barru Ir Suardi Saleh didampingi Sekda Barru Nasruddin Abd Muttalib, di Posko Induk Islamic Center.

Dalam kesempatan itu, Suardi Saleh melaporkan, ada lima kecamatan yang terkena dampak dari musibah banjir tersebut. Diantaranya, Kecamatan Tanete Rilau, Barru, Balusu, Soppeng Riaja, dan Mallusetasi. Selain itu, jalan Trans Sulawesi mulai dari Pancana sampai Temmireng tergenang air.

Lebih lanjut, Suardi menjelaskan, Kecamatan Tanete Rilau, dan delapan desa/kelurahan semua terkena dampak dari musibah banjir. Padi dan tambak milik petani jadi sasaran serta jalan Salamoni longsor. Dan yang paling penting diketahui dari dampak musibah banjir ini, ada dua korban meninggal dunia yakni seorang ayah (55) dan anaknya yang berusia 14 tahun, dari Kelurahan Takkalasi, Kecamatan Balusu.

“Langkah yang kami sementara lakukan untuk saat ini, pembentukan posko penanggulangan bencana, dapur umum, pengendalian lapangan dengan jumlah personil 220 orang,” jelasnya.

Sementara itu, Andi Sudirman mengatakan, begitu dirinya mendengar kabar jika Barru terkena musibah banjir, dirinya sudah berfikir jika yang paling keras dampaknya adalah Takkalasi. Karena, dirinya pernah berkunjung dan meninjau langsung waktu masa kampanye dulu.

“Artinya sekarang mari kita evaluasi, introspeksi diri, dan mari kita bersama-sama berusaha untuk mengembalikan kondisi tersebut, karena kita manusia hanya bisa berdoa dan berusaha,” kata Andi Sudirman.

Dia juga menambahkan bahwa, program yang utama dilakukan oleh Pemda, Pemkab dengan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel untuk kerja sama apa menyelesaikan secara bersama.