Sejumlah Penyair Canangkan Tahun 2019 Sebagai Tahun Puisi

Editor : Muh. Idris
Tahun Puisi 2019 (foto:Idris)
Tahun Puisi 2019 (foto:Idris)

Online24jam, Makassar – Menyambut akhir tahun, sejumlah penyair kota Makassar menggelar Dialog proyeksi tahun puisi 2019. Di Gedung Kesenian Societte de Harmoni, Minggu (30/12).

Kegiatan ini disenggarakan oleh Benteng Penyair. Bahar Merdhu, selaku panitia mengatakan kegiatan ini menyambut tahun baru skaligus peluncuran buku puisi karya Goenawan Monoharto. Yang diInisiatori budayawan senior, Dr. Ajiep Padindang.

Kegiatan juga diwarnai dengan pembacaan puisi puisi penyair sulsel. Secara bergantian.

Sementara itu, Ajiep Padindang mengatakan jiKa kegiatan ini terinspirasi dengan istilah tahun politik. Sehingga mendorong teman teman penyair untuk mengakhiri tahun 2019 sebagai tahun puisi.

“Sebenarnya ini untuk mengimbangi suasana gegap gempita dan gemuru suasana politik. Jangan sampai orang yang tidak ngerti politik malah larut bicara politik. Untuk itu saya undang teman teman yang punya bakat dan jiwa seni untuk ikut berpuisi.” ujar putra Bone yang sudah dua priode ini menjabat DPD/MPR RI.

Ajiep menilai, puisi adalah ekspresi diri dan lingkungan jadi menurutnya bagi yang pemula bisa merekam tahun 2019 menjadi lain dari yang lain. Dengan adanya kegiatan seperti ini.

Dengan harapan tiap bulan kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan. Mengingat tahun 2019 telah dicanangkan sebagai tahun puisi. Dan tentunya bukan hanya di Makassar tapi didaerah pun bisa dilaksanakan.