Bimmas Polsek Rappocini Ternyata Juga Da’i

Editor : Muh. Idris

Online24jam,Makassar – Mengajak manusia untuk taat kepada Allah dan Rasulnya serta menyeru dan saling tolong menolong dalam kebaikan dan mencegah kemungkaran serta bertaqwa kepada Allah adalah merupakan suatu keharusan setiap pribadi muslim dan muslimah. Berbagai program untuk itu wajar tercantum dalam setiap lembaga dakwah yang ada.

Namun hal ini bukan menjadi kendala bagi seorang Umar Zulkarnaen, seorang anggota kesatuan bimmas Polsek Rappocini. Lelaki berbadan tombom dan berpangkat Aiptu ini telah menjadikan program mengajak manusia untuk taat kepada Allah dan Rasulnya sebagai salah satu program dalam aktivitas tugas-tugasnya selaku bimmas kelurahan mappala.

Dalam menjalankan program tersebut, Umar tak pernah putus untuk sholat berjamaah di masjid berbaur dengan masyarakat diseluruh masjid yang ada dalam kelurahan mappala. Selain itu juga dirinya aktif menjadwal kunjungan ke rumah warga.

“Saya minimal menargetkan 5 rumah setiap hari untuk bersilaturrahim, sekaligus memberikan layanan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan tugas-tugas kepolisian “ paparnya.

Dalam programnya ini Umar mengajak bekerjasama dengan pengurus masjid dan tokoh masyarakat diwilayah. Tugasnya agar dapat menampung pemuda atau anak anak yang terjerat dalam pergaulan yang salah untuk program pembelajaran aqidah dan agama, seperti baru baru ini seorang ibu mengadukan anaknya yang terjerat kenakalan remaja maka Umar menawarkan 2 (dua) opsi pada orangtua tersebut, apakah mau di sel atau ikut pembelajaran agama. Ibu tersebut memilih pembelajaran agama untuk anaknya.

“Alhamdulilah sekarang anaknya itu mulai aktif beribadah di masjid” imbuh Umar.

Saat berjumpa Haji Matto di salah satu masjid usai sholat dhuhur, dirinya berharap apa yang telah dirintisnya ini sebagai pioner. Sekiranya dapat diikuti teman teman bimmas lainnya.

“ Karena kita sebagai aparat yang bertugas selaku bimmas seyogyanya jangan menunggu masyarakat butuh bimbingan baru turun, tetapi hendaknya aktif terjun ke masyarakat secara langsung untuk menyampaikan bimbingan sesuai fungsi dan peranan Polri selaku pengayom dan abdi masyarakat, saya polisi sejaligus da’i “, komentar Umar menutup perbincangan siang itu.

Dalam hati Haji Matto berguman andai semua bimmas seperti ini, maka masyarakat akan semakin dekat dengan kepolisian sehingga perlahan dapat mengeraser citra negatif yang sering melekat pada kesatuan keamanan masyarakat ini.