Reklame Rokok Terpasang di Kawasan Tanpa Rokok, DPRD Wajo Minta Satpol PP Turun Lakukan Penertiban

Reporter :
Editor : Muhammad Tohir

Online24,Wajo-Reklame Rokok yang terpasang di kawasan tanpa rokok tepatnya di Lapangan Merdeka Sengkang Kabupaten Wajo menuai banyak Sorotan dan dinilai melanggar Perda Wajo No.5 tahun 2015.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo Asri Jaya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Selasa (08/01/2019), mengatakan, pemberi izin pemasangan Reklame itu keluar dari dinas PM -PTSP.

“kami akan melakukan pemanggilan untuk rapat Kordinasi mengenai masalah tersebut,”ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris KomisiĀ  II DPRD Kabupaten Wajo A.Gusti dari fraksi Nasdem meminta Satpol PP turun untuk melakukan penertiban sesuai mekanisme yg telah diatur oleh Perda tersebut.

“Jika mekanisme dijalankan maka bab IX pasal 25 mengatur ketentuan pidana dan pelanggaran jelas pada pasal 9 ayat 3 point A dan E sementara pasal 4 mengatur tentang mekanisme penanganan jika ada pelanggaran,”ujarnya.

“Seharusnya dinas terkait atau semua OPD wajib menempatkan tenaga tekhnis untuk melakukan proses verifikasi tekhnis dan rekomendasi perizinan (layak dapat izin atau tidak) supaya kadis PM-PTSP tidak keliru dalam menerbitkan izin atau mengeluarkan rekomendasi ke pemprov untuk izin yang jadi kewenangan pemerintah provinsi,” tambahnya.

Salah satu kendala selama ini lanjutnya karena sepertinya OPD lain enggan menempatkan tenaga tekhnisnya untuk berkantor di PM dan PTSP.

“Alangkah baiknya jika Sekda melakukan penataan Birokrasi supaya pelayanan perizinan menjadi mudah dan memuaskan masyarakat,” tutupnya.